Reaksi Perempuan dalam Menonton Konten Beauty vlogger ( Studi Kasus Mahasiswi Prodi Pendidikan Antropologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan

Siahaan, Satrina Titania (2020) Reaksi Perempuan dalam Menonton Konten Beauty vlogger ( Studi Kasus Mahasiswi Prodi Pendidikan Antropologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 3163122029 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 3163122029 COVER.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 3163122029 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 3163122029 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (344kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 3163122029 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 3163122029 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 3163122029 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 3163122029 PREFACE.pdf - Published Version

Download (296kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 3163122029 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 3163122029 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (366kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 3163122029 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 3163122029 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 3163122029 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 3163122029 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 3163122029 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 3163122029 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (462kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 3163122029 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 3163122029 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 3163122029 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 3163122029 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (370kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan berbagai reaksi mahasiswi dalam menonton konten beauty vlogger dan menganalisa perubahan perilaku mahasiswi setelah menonton konten beauty vlogger bagi mahasiswi Pendidikan Antropologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan. Adapun yang menjadi informan dalam penelitian ini yaitu mahasiswi Prodi Pendidikan Antropologi stambuk 2016 yang dikategorikan sebagai pengikut konten beauty vlogger. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Adapun teknik penggumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, serta dokumentasi mengenai reaksi mahasiswi dalam menonton konten beauty vlogger dan perubahan perilaku mahasiswi setelah menonton konten beauty vlogger.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil dari penelitian ini dapat dijelaskan konten beauty vlogger merupakan konten mengenai kecantikan yang terdapat di sosial media youtube. Melalui konten beauty vlogger mahasiswi mendapatkan pengetahuan baru mengenai berbagai tutorial kecantikan dan mengekspresikan terhadap diri sendiri. Mahasiswi memiliki berbagai reaksi dalam menonton konten beauty vlogger antara lain menganggap konten beauty vlogger merupakan konten yang menghibur, melakukan peniruan terhadap tutorial kecantikan dan sampai kepada membeli produk kecantikan yang disarankan oleh beauty vlogger. Hal tersebut tentu mengakibatkan terjadinya perubahan perilaku terhadap mahasiswi yang menjadi lebih konsumtif sesudah mengikuti konten beauty vlogger. Mahasiswi menonton konten beauty vlogger untuk melihat trend dan mode kecantikan. Mahasiswi cenderung melakukan peniruan dengan membeli beragam produk kecantikan yang disarankan oleh beauty vlogger agar terlihat cantik sesuai dengan arahan beauty vlogger. berdasarkan hasil penelitian juga menunjukkan bahwa konten beauty vlogger mempengaruhi mahasiswi dalam membeli produk kecantikan secara berlebihan yang mendorong mahasiswi menjadi konsumtif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 2020-ANTRO-014
Keywords: beauty vlogger; kecantikan; reaksi;perilaku konsumtif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC1099 Multicultural education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Antropologi
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 23 Jun 2021 05:52
Last Modified: 28 Jun 2021 07:18
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42648

Actions (login required)

View Item
View Item