Ibrahim, Suaib (2020) Strategi Pengembangan Objek Wisata Pemandian Air Panas Hutaraja di Kecamatan Panyabungan Selatan Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3161131049 COVER.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
2. NIM. 3161131049 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
3. NIM. 3161131049 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
4. NIM. 3161131049 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
5. NIM. 3161131049 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
6. NIM. 3161131049 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 3161131049 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 3161131049 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 3161131049 BAB I.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
14. NIM. 3161131049 BAB VI.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
15. NIM. 3161131049 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis potensi objek wisata Pemandian Air Panas Hutaraja di Kecamatan Panyabungan Selatan Kabupaten Mandailing Natal. (2) Menganalisis strategi pengembangan objek wisata Pemandian Air Panas Hutaraja di Kecamatan Panyabungan Selatan Kabupaten Mandailing Natal.
Penelitian ini dilaksanakan di Pemandian Air Panas Hutaraja di Kecamatan Panyabungan Selatan Kabupaten Mandailing Natal. Informan dalam penelitian ini terdiri dari informan kunci yaitu Dinas Pariwisata Kabupaten Mandailing Natal, informan utama yaitu Dinas Bappeda Kabupaten Mandailing Natal, Camat Kecamatan Panyabungan Selatan, Kepala Desa Hutaraja, dan informan tambahan yaitu masyarakat, pengunjung dan penjual makanan/warung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukan: (1) Potensi objek wisata Pemandian Air Panas Hutaraja sangat beragam diantaranya: kondisi air panas yang sangat jernih dan bersih, memiliki bentang alam yang indah dikelilingi oleh persawahan dan pengunungan, dan keadaan suhu udara yang cocok bagi pengunjung yaitu antara 250C-320C dan. (2) Strategi pengembangan objek wisata Pemandian Air Panas Hutaraja antara lain: menggerakkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), mendatangkan investor swasta dan pengusaha sebagai pemilik modal, memberikan pelatihan tentang keterampilan kepariwisataan kepada masyarakat, menata dan mendirikan tempat penjual makanan serta souvenir, menjalin kerjasama yang baik dengan pemerintah, dan menyusun program kegiatan desa tentang kepariwisataan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2020-GEO-053 |
Keywords: | objek wisata; pemandian air panas hutaraja; strategi pengembangan |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G154 Travel and state. Tourism G Geography. Anthropology. Recreation > GB Physical geography G Geography. Anthropology. Recreation > GB Physical geography > GB651 Hydrology. Water > GB980 Ground and surface waters > GB2801 Hydrometeorology G Geography. Anthropology. Recreation > GB Physical geography > GB651 Hydrology. Water G Geography. Anthropology. Recreation > GB Physical geography > GB651 Hydrology. Water > GB980 Ground and surface waters |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 22 Jun 2021 09:13 |
Last Modified: | 22 Jun 2021 09:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42622 |