Tamba, Sinartri Aida (2020) Pengembangan Media Visual Berbentuk Infografis Sebagai Penunjang Pembelajaran Geografi Materi Ketahanan Pangan Kelas Xi Di SMA Negeri 16 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM 3153331023 COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2.NIM 3153331023 APPROVALSHEET.pdf - Published Version
Download (393kB) | Preview
3.NIM 3153331023 PREFACE.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
4.NIM 3153331023 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
5.NIM 3153331023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
6.NIM 3153331023 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
7.NIM 3153331023 LIST OF PICTURE.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
8.NIM 3153331023 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (491kB) | Preview
13.NIM 3153331023 CHAPTER VI.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
14.NIM 3153331023 REFERENCE.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kelayakan media visual berbentuk infografis sebagai penunjang pembelajaran geografi pada materi ketahanan pangan kelas XI di SMA Negeri 16 Medan, (2) mengetahui tanggapan siswa terhadap media visual berbentuk infografis sebagai penunjang pembelajaran geografi pada materi ketahanan pangan kelas XI di SMA Negeri 16 Medan.
Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil T.A 2019/2020.Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI-IS di SMA Negeri 16 Medan.Sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik total sampling. Sampel penelitian adalah seluruh kelas XI-IS yaitu kelas XI-IS 1 dan XI-IS 2. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah komunikasi tidak langsung dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian dan pengembangan: (1)pengembangan media visual berbentuk infografis pembelajaran dibuat rancang dengan menggunakan corel draw. Media visual pembelajaran dikembangkan dengan menggunakan teori model 4-D Thiagarajan dan Semmel & Semmel, dimodifikasi menjadi 3-D, yaitu terdiri a) Pendefinisian (define),b) Perancangan (design), dan c) Pengembangan (develop). Setelah disusun menjadi media visual infografis pembelajaran maka media divalidasi oleh ahli materi, ahli media, guru mata pelajaran geografi dan diuji coba kepada peserta didik.(2) hasil kelayakan produk berdasarkan penilaian ahli materi pada tahap I dan II dengan rata-rata skor 82,81% dan 96,07% dalam kategori sangat layak, penilaian ahli media tahap I dan II dengan rata-rata skor sebesar 83,67% dan 88,36% dalam kategori sangat layak, dan penilaian guru SMA Negeri 16 Medan tahap I dan II dengan rata-rata skor sebesar 78,76% dan 90,38% dalam kategori sangat layak. (3) uji coba dilakukan di SMA Negeri 16 Medan. Hasil uji coba media infografis dilakukan pada 2 kelas, yaitu kelas XI-IS 1 dan XI-IS 2 dengan respon siswa kelas XI-IS 1 terhadap media sebesar 69,59% dengan kategori baik, dan respon siswa kelas XI-IS 2 terhadap media sebesar 73,36% dengan kategori baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2020-GEO-051 |
Keywords: | media visual; infografis; ketahanan pangan |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) G Geography. Anthropology. Recreation > GB Physical geography G Geography. Anthropology. Recreation > GB Physical geography > GB400 Geomorphology. Landforms. Terrain L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 22 Jun 2021 08:46 |
Last Modified: | 22 Jun 2021 08:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42618 |