Alfikri, Yoga (2020) Pengembangan Media Infografis Berbentuk Booklet Pada Materi Islamisasi dan Silang Budaya di Nusantara Kelas X IPS SMA Negeri 1 Padang Tualang. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3162121009 COVER.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
2. NIM. 3162121009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (570kB) | Preview
3. NIM. 3162121009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
4. NIM. 3162121009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
5. NIM. 3162121009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
6. NIM. 3162121009 TABLES.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
7. NIM. 3162121009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
8. NIM. 3162121009 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
9. NIM. 3162121009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
13. NIM. 3162121009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
14. NIM. 3162121009 CHAPTER BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
Abstract
Pemanfaatan media pembelajaran semakin hari semakin banyak digunakan sejarah adalah salah satu contoh mata pelajaran yang merasakan manfaat yang cukup tinggi terhadap penggunaan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media infografis berbentuk booklet dalam pembelajaran sejarah untuk tingkat SMA. Untuk mengetahui kualitas media infografis berbentuk booklet sebagai media pembelajaran ditinjau dari aspek validasi kelayakan, dan untuk mengetahui efektivitas media infografis berbentuk booklet dalam pembelajaran dilihat dari hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Padang Tualang, dengan sampel penelitian adalah kelas X IPS 1. Penelitian ini menggunakan metode R&D. Teknik pengumpulan data berupa angket atau kuesioner, sedangkan teknik analisis data menggunakan perhitungan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media yang dikembangkan telah memenuhi syarat dan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil validasi materi, ahli media dan guru mata pelajaran masing-masing memperoleh persentase skor 93%, 82%, dan 88%. Sementara hasil uji coba produk/skala kecil dan sedang masing-masing menunjukkan persentase skor 89% dan 86%. Kemudian, untuk hasil uji coba pemakaian/skala besar dan uji efektivitas masing-masing menunjukkan persentase skor 85,6% dan 79,4%. Dengan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media infografis berbentuk booklet ini sangat valid sehingga layak dan efektif digunakan dalam pebelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2020-SJRH-019 |
Keywords: | pengembangan; Media Infografis Berbentuk Booklet |
Subjects: | L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC1099 Multicultural education L Education > LC Special aspects of education > LC901 Islamic education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 22 Jun 2021 08:21 |
Last Modified: | 22 Jun 2021 08:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42614 |