Sitepu, Hosea (2020) KEDISPLINAN GURU PPKn TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 STM HULU KAB. DELI SERDANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3162111008 COVER.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
2. NIM. 3162111008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (531kB) | Preview
3. NIM. 3162111008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
4. NIM. 3162111008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
5. NIM. 3162111008 ABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
6. NIM. 3162111008 TABLES.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
6. NIM. 3162111008 TABLES.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
7. NIM. 3162111008 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
8. NIM. 3162111008 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM. 3162111008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (366kB) | Preview
13. NIM. 3162111008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
14. NIM. 3162111008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini mengangkat permasalahan tentang rendahnya hasil belajar mata pelajaran PPKn pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 STM Hulu. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana peran kedisiplinan guru PPKn terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Dimana dalam penelitian ini tidak ingin mencari hubungan antara kedisplinan dan hasil belajar siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi secara langsung ke SMP Negeri 1 STM Hulu, menyebar angket, dan dokumentasi. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 STM Hulu yang berjumlah 120 siswa yang dimana yang menjadi sempel dalam penelitian ini yaitu 25% dari populasi yakni 30 siswa yang diambil secara acak sederhana (Random Sampling). Penelitian ini terdiri dari dua variabel. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis data kuantitatif. Hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian ini yaitu guru PPKn dalam mengajar sudah lebih disiplin dan hasil belajar siswa secara keseluruhan diatas niali KKM dibandingkan dengan tahun-tahun yang sebelumnya dimana sekarang guru dalam mengajar selalu tepat waktu datang kesekolah mau pun masuk atau keluar kelas dan guru PPKn juga selalu memeriksa setiap pekerjaan siswa. Dari hasil penelitian setelah data diperoleh maka dapat diketahui dari jawaban responden bahwa persentase jawaban adalah 55,56 %. Dengan demikian dapat disimpilkan bahwa kedisplinan guru PPKn terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 1 STM Hulu sudah sudah lebih baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2020-PKN-020 |
Keywords: | Kedisiplinan; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 22 Jun 2021 05:00 |
Last Modified: | 22 Jun 2021 05:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42596 |