Rahmiati, Elida (2014) ANALISIS LITERASI SAINS SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI SE-KOTA PADANGSIDIMPUAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 8106174004 Judul.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
2. 8106174004 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
3. 8106174004 Abstrak.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
4. 8106174004 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
5. 8106174004 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
6. 8106174004 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
7. 8106174004 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
8. 8106174004 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
9. 8106174004 Bab I.pdf - Published Version
Download (424kB) | Preview
10. 8106174004 Bab V.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
11. 8106174004 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (353kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) literasi sains siswa dalam dimensi konten, proses dan konteks; hubungan antara (2) latar belakang pendidikan formal orang tua (3) intensitas belajar sains; dan (4) pembelajaran sains di sekolah; dengan literasi sains siswa; (5) latar belakang pendidikan formal orang tua siswa, intensitas belajar sains, dan pembelajaran sains secara bersama-sama dengan literasi sains siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri se-kota Padangsidimpuan dengan jumlah sampel 315 dari jumlah populasi 842 orang siswa yang diambil dengan teknik random sampling. Instrumen penelitian berupa tes literasi sains siswa dan angket faktor-faktor yang berhubungan dengan literasi sains siswa yang terdiri atas variabel latar belakang pendidikan orang tua berupa isian, intensitas belajar sains siswa, dan pembelajaran sains di sekolah yang disusun berdasarkan skala Likert. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bersifat korelasional. Teknik analisis data deskriptif persentase dan regresi pada taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa: (1) literasi sains siswa secara keseluruhan (35,95%) dan dalam tiap dimensi dengan kriteria tidak baik, dimensi konten (34,18%), proses (37,06%) dan konteks (35,95%); (2) terdapat hubungan positif yang signifikan antara latar belakang pendidikan orangtua dengan literasi sains siswa (R = 0,146; Fhitung = 6,821; P = 0,009); (3) terdapat hubungan positif yang signifikan antara intensitas belajar sains siswa dengan literasi sains siswa (R = 0,959; Fhitung = 3591,9; P = 0,000); (4) terdapat hubungan positif yang signifikan antara pembelajaran sains di sekolah dengan literasi sains siswa (R = 0,966; Fhitung = 4386,849; P = 0,000); (5) terdapat hubungan positif yang signifikan antara latar belakang pendidikan formal orang tua siswa, intensitas belajar sains, dan pembelajaran sains di sekolah secara bersama-sama dengan literasi sains siswa (R = 0,974; (Fhitung = 1901,485 dan P = 0,000). Hasil penelitan ini mengimplikasikan bahwa perlu dilakukan upaya peningkatan kualitas pembelajaran sains di sekolah, peran orang tua dalam mendidik siswa di rumah guna meningkatkan intensitas belajarnya dan membangun budaya belajar yang baik yang berkontribusi dalam mempengaruhi literasi sains siswa kelas XI IPA di SMA Negeri se-kota Padangsidimpuan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 570.071 2 Rah a |
Keywords: | Pembelajaran sains; Literasi sains; Melek sains; Intensitas belajar; Content sains; Process sains; Context sains |
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 24 May 2016 07:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4259 |