ANALISIS KESULITAN BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI PADA MATA KULIAH PERKEMBANGAN HEWAN DITINJAU DARI FAKTOR EKSTERNAL TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA STAMBUK 2018

Tamba, Wijaya Ezra (2020) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI PADA MATA KULIAH PERKEMBANGAN HEWAN DITINJAU DARI FAKTOR EKSTERNAL TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA STAMBUK 2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01 NIM 4163141053 COVER.pdf]
Preview
Text
01 NIM 4163141053 COVER.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[thumbnail of 02 NIM 4163141053 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
02 NIM 4163141053 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (336kB) | Preview
[thumbnail of 03 NIM 4163141053 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
03 NIM 4163141053 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (302kB) | Preview
[thumbnail of 04 NIM 4163141053 PREFACE.pdf]
Preview
Text
04 NIM 4163141053 PREFACE.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 05 NIM 4163141053 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
05 NIM 4163141053 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[thumbnail of 09 NIM 4163141053 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
09 NIM 4163141053 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (323kB) | Preview
[thumbnail of 13 NIM 4163141053 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13 NIM 4163141053 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[thumbnail of 14 NIM 4163141053 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14 NIM 4163141053 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (332kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan belajar mahasiswa pendidikan biologi stambuk 2018 berdasarkan faktor eksternal pada mata kuliah perkembangan hewan dan untuk mengetahui tingkat kesulitan belajar mahasiswa pada matakuliah perkembangan hewan. Penelitian ini bersifat deskriptif korelasi. Hasil penelitian diperoleh persentase kesulitan belajar termasuk kategori cukup menghambat ditunjukkan pada indikator psikatrik 46%, indikator kegiatan di luar kampus 53%, indikator motivasi 59%, indikator orang tua 38%, indikator ekonomi 52%, indikator suasana rumah 66%, indikator dosen 54%, indikator lingkungan kampus 53%, indikator materi perkuliahan 63%, dan indikator media 41%. Berdasarkan hasil analisis angket yang dilakukan, dapat diketahui bahwa faktor eksternal yang paling mempengaruhi adalah suasana rumah dan materi perkuliahan. Kesulitan belajar mahasiswa ditinjau dari faktor eksternal memiliki pengaruh dengan hasil belajar mahasiswa sebesar -0.53 atau hubungan negative (kategori sedang) yaitu semakin tinggi tingkat kesulitan belajar mahasiswa akan semakin rendah hasil belajar mahasiswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2020 BIO 086
Keywords: Kesulitan belajar; Hasil belajar; Perkembangan hewan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QL Zoology
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 17 Jun 2021 21:50
Last Modified: 17 Jun 2021 21:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42583

Actions (login required)

View Item
View Item