ANALISIS FAKTOR KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI INVERTEBRATA DI KELAS X IPA SMA NEGERI 3 TEBING TINGGI T.P 2019/2020

Sirait, Widya Pinondang (2020) ANALISIS FAKTOR KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI INVERTEBRATA DI KELAS X IPA SMA NEGERI 3 TEBING TINGGI T.P 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4163341057 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4163341057 COVER.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4163341057 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4163341057 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (669kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4163341057 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4163341057 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (285kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4163341057 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4163341057 PREFACE.pdf - Published Version

Download (295kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4163341057 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4163341057 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (24kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4163341057 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4163341057 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (309kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4163341057 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4163341057 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4163341057 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4163341057 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (407kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan belajar siswa pada
materi hewan invertebrata ditinjau dari faktor penyebab kesulitan belajar siswa
berdasarkan faktor internal dan eksternal. Metode yang digunakan adalah deskriptif
kualitatif dengan sampel 50 siswa kelas X IPA SMA Negeri 3 Tebing Tinggi.
Instrumen penelitian adalah angket dan data dianalisis dengan teknik persentase.
Faktor penyebab kesulitan siswa dalam mempelajari materi hewan invertebrata ada
dua faktor. Faktor internal terdiri dari kesehatan, minat, motivasi, intelegensi serta
psikiatik dan faktor eksternal yaitu lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, materi
hewan invertebrata serta media. Penelitian pada faktor internal menujukkan bahwa:
(1) Kesehatan sebesar 98,95% termasuk kategori sangat menghambat, (2) Minat
sebesar 78,02% termasuk kategori menghambat, (3) Motivasi sebesar 85,46%
termasuk kategori sangat menghambat, (4) Intelegensi sebesar 81,25% termasuk
kategori menghambat, (5) Psikatik sebesar 89,37% termasuk kategori sangat
menghambat. Sedangkan hasil penelitian pada faktor eksternal menunjukkan bahwa:
(1) Lingkungan Sekolah sebesar 85,17% termasuk kategori sangat menghambat, (2)
Lingkungan Keluarga sebesar 72,18% termasuk kategori menghambat, (3) Materi
Hewan Invertebrata sebesar 46,51% termasuk kategori cukup menghambat, (4) Media
sebesar 77,0% termasuk kategori menghambat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2020 BIO 080
Keywords: Kesulitan belajar; Invertebrata; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QL Zoology > QL360 Invertebrates
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 17 Jun 2021 18:29
Last Modified: 17 Jun 2021 18:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42573

Actions (login required)

View Item
View Item