PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATERI SISTEM PERTAHANAN TUBUH DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 SALAK T.P 2019/2020

Manurung, Sarah Deby Vania (2020) PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATERI SISTEM PERTAHANAN TUBUH DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 SALAK T.P 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4163341050 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4163341050 COVER.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4163341050 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4163341050 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (423kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4163341050 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4163341050 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4163341050 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4163341050 PREFACE.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4163341050 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4163341050 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (382kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4163341050 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4163341050 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4163341050 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4163341050 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4163341050 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4163341050 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model kooperatif tipe Jigsaw dengan tipe Group Investigation pada materi Sistem Pertahanan Tubuh di kelas XI IPA SMAN N 1 Salak Tahun Pembelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan dua kelas sampel dengan total 48 siswa. Kelas pertama diajarkan dengan model Jigsaw dan kelas kedua diajarkan dengan model Group Investigation. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah soal pilihan berganda yang berjumlah 40 soal yang telah divalidasi oleh validator. Kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan hasil, diperoleh ada perbedaan dari model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan Group Investigation (GI) . Hasil post test nilai rata-rata kelas Jigsaw adalah 89.7 dan nilai rata-rata kelas Group Investigation (GI) adalah 84.3. Aktivitas siswa yang diamati adalah aktivitas melihat, aktivitas mendengar, aktivitas berbicara, dan aktivitas menulis dengan nilai rata-rata aktvitas 83,30% untuk kelas Jigsaw, dan 80,9% untuk kelas Group Investigation (GI). Maka disimpulkan bahwa ada perbedaan antara model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI), dengan aktivitas pada kedua model sangat baik pada materi Sistem Pertahanan Tubuh di kelas XI IPA SMAN 1 Salak Tahun Pembelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2020 BIO 074
Keywords: Hasil belajar; Pembelajaran kooperatif; Jigsaw; Group investigation; Sistem pertahanan tubuh
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 17 Jun 2021 00:44
Last Modified: 17 Jun 2021 00:44
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42562

Actions (login required)

View Item
View Item