Nuriza, Aulia Sari (2020) STUDI ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA KELAS X MIA SMA NEGERI 13 MEDAN PADA MATERI EKOSISTEM T.A. 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4163341011 COVER.pdf - Published Version
Download (13kB) | Preview
2. NIM. 4163341011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
3. NIM. 4163341011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
4. NIM. 4163341011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
5. NIM. 4163341011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
9. NIM. 4163341011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
13. NIM. 4163341011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
14. NIM. 4163341011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah dan sikap peduli lingkungan siswa kelas X MIA 1, X MIA 2, X MIA 3, dan X MIA 4 SMA Negeri 13 Medan. Penelitian dilakukan melalui Google formulir pada bulan April 2020. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 4 kelas yang dilakukan dengan purposive sampling. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif melalui survei yang menggunakan instrumen soal dan angket. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, pada tes kemampuan pemecahan masalah siswa dengan kategori sangat tinggi sebesar 16%, siswa dengan kategori tinggi sebesar 53%, siswa dengan kategori sedang persentase sebesar 23%, siswa dengan kategori rendah persentase sebesar 7%, dan siswa dengan kategori sangat rendah persentase 1%. Pada sikap peduli lingkungan siswa dengan kategori sangat tinggi sebesar 35%, siswa dengan kategori tinggi sebesar 63%, siswa dengan kategori sedang pesentase sebesar 2%, dan siswa pada kategori rendah dan sangat rendah sebesar 0%. Kesimpulan penelitian ini yaitu kemampuan pemecahan masalah dan sikap peduli lingkungan siswa di kelas X MIA SMA 13 Medan pada materi Ekosistem tergolong dalam kategori tinggi. Guru dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan sikap peduli lingkungan siswa ini menjadi tingkat kategori sangat tinggi dengan merancang suatu desain pembelajaran yang memfokuskan pada indikator–indikator yang masih dalam kategori kurang baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 BIO 105 |
Keywords: | Pembelajaran berbasis masalah; Pemecahan masalah; Suksesi; Ekosistem; Rantai makanan; Siklus biogeokimia; Sikap peduli lingkungan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 16 Jun 2021 00:28 |
Last Modified: | 16 Jun 2021 00:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42538 |