Batubara, Anni Erlina (2014) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI DAN DISCOVERY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA TOPIK BIOTEKNOLOGI DI MAN 1 PADANGSIDIMPUAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 8126174003 Judul.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. 8126174003 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (664kB) | Preview
3. 8126174003 Abstrak.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
4. 8126174003 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
5. 8126174003 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
6. 8126174003 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
7. 8126174003 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
8. 8126174003 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
9. 8126174003 Bab I.pdf - Published Version
Download (431kB) | Preview
10. 8126174003 Bab V.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
11. 8126174003 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
Abstract
Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: (1) strategi pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis siswa; (2) strategi pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa; (3) strategi pembelajaran discovery terhadap kemampuan berpikir kritis siswa; (4) strategi pembelajaran discovery terhadap hasil belajar siswa; dan (5) hubungan kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di MAN I Padangsidimpuan, pada kelas XII semester genap tahun pelajaran 2013/2014 pada materi Bioteknologi. Populasi penelitian ini seluruhnya berjumlah 120 orang yang terdiri dari 4 kelas paralel. Sampel yang diambil berjumlah 90 siswa yang terdiri dari 3 kelas eksprimen. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan metode cluster random sampling. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar, dan kemampuan berpikir kritis siswa. Metode penelitian ini bersifat kuasi eksperimen dengan teknik analisis Anakova (Analisis Kovarians) pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa: (1) terdapat pengaruh strategi pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis siswa (F-hitung = 4,621; Sig. = 0,036); (2) terdapat pengaruh strategi pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa (F-hitung = 2,860; Sig. = 0,018); (3) terdapat pengaruh strategi pembelajaran discovery terhadap kemampuan berpikir kritis siswa (F-hitung = 48,709; Sig. = 0,000); (4) terdapat pengaruh strategi pembelajaran discovery siswa (F-hitung = 4,034; Sig. = 0,049); dan (5) terdapat hubungan kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar siswa menggunakan strategi pembelajaran inkuiri, discovery dan konvensional (F-hitung = 50,956; Sig. = 0,000). Hasil penelitan ini mengimplikasikan bahwa dengan strategi pembelajaran inkuiri, maupun discovery hasil belajar siswa dalam mempelajari materi Bioteknologi dapat meningkat, begitu juga siswa dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritisnya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 570.071 2 Bat p |
Keywords: | Strategi pembelajaran; Strategi inkuiri; Strategi discovery; Berpikir kritis; Bioteknologi |
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 24 May 2016 03:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4253 |