PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWTOON PADA MATERI PENYAJIAN DATA DI KELAS VII MTs Ex Pga UNIVA MEDAN T.A 2019/2020

Nasution, Nurul Safira (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWTOON PADA MATERI PENYAJIAN DATA DI KELAS VII MTs Ex Pga UNIVA MEDAN T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4161111056 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4161111056 COVER.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4161111056 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4161111056 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4161111056 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4161111056 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (325kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4161111056 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4161111056 PREFACE.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4161111056 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4161111056 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4161111056 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4161111056 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (274kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4161111056 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4161111056 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (319kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4161111056 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4161111056 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan media pembelajaran berbasis powtoon pada materi penyajian data di kelas VII MTs Ex Pga UNIVA Medan T.A 2019/2020 yang telah dikembangkan oleh peneliti. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R & D dengan menggunakan model pengembangan tipe ADDIE dengan 5 tahapan yaitu analysis, design, development, implementation, evaluation. Sampel dalam penelitian yaitu kelas VII-D yang terdiri dari 37 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan angket.
Hasil penelitian ini adalah kelayakan media pembelajaran berbasis powtoon memperoleh hasil validasi yang dilakukan oleh ahli media sebesar 86%yang berada pada kategori sangat layak. Sedangkan hasil validasi oleh ahli materi sebesar 87,9% yang berada pada kategori sangat layak. Maka media yang telah dikembangkan dan direvisi telah valid dan layak untuk digunakan dan di uji cobakan kepada siswa dan guru.
Kepraktiksan hasil penilaian berdasarkan angket respon guru memperoleh nilai sebesar 83,8% yang berada pada kategori sangat praktis dan hasil penilaian respon siswa berdasarkan angket respon siswa memperoleh nilai sebesar 85,08% yang berada pada kategori sangat praktis. Hal ini menunjukkan bahwa media yang telah dikembangkan mendapatkan respon yang baik dari guru dan siswa dan memperoleh kriteria “sangat praktis”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2020 MAT 073
Keywords: Media pembelajaran; Powtoon; Komputer; Penyajian data
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 14 Jun 2021 01:46
Last Modified: 14 Jun 2021 01:46
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42517

Actions (login required)

View Item
View Item