Analisis Perkembangan Sosial Emosional Pada Anak Usia Dini 4-6 Tahun Dengan Pola Asuh Orangtua Tunggal (Single Parents)

Lemmy, Paradita Kumala (2021) Analisis Perkembangan Sosial Emosional Pada Anak Usia Dini 4-6 Tahun Dengan Pola Asuh Orangtua Tunggal (Single Parents). Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 8166181023 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8166181023 COVER.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 8166181023 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8166181023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 8166181023 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8166181023 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8166181023 ACKNOWLEDGEMENT.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8166181023 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8166181023 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8166181023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8166181023 LIST OF TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8166181023 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 8166181023 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8166181023 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8166181023 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8166181023 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 8166181023 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 8166181023 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (361kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 8166181023 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8166181023 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 8166181023 REFERENCES.pdf]
Preview
Text
14. NIM 8166181023 REFERENCES.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui capaian perkembangan sosial emosional anak usia dini pada anak yang memiliki orang tua single parent; 2) Mengetahui bentuk perilaku sosial emosional anak yang memiliki orang tua single parent atau orang tua tunggal. Subjek dalam penelitian ini adalah guru, orang tua, dan siswa.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, angket, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian iniCapaian perkembangan sosial emosional anak usia dini yang memiliki orang tua tunggal di PAUD Al-Bahri dan di TK Aba Aisyiyyah 20 medan yaitu dipengarui oleh pola asuh orang tua dan latar belakang single parent orang tuanya. Orang tua single paren dikarenakan perceraian akibat kekerasan rumah tangga dan tidak diberi nafkah yang meiliki pola asuh otoriter sangat mempengaruhi perkembangan emosional anak. Orang tua single parent yang memiliki pola asuh permisif juga mempengaruhi perkembangan sosial emsional anak. Orang tua single parent dikarenakan kematian yang memiliki pola asuh demokratis mempengaruhi perkembangan sosial emosional anak ke arah positif. Bentuk perilaku sosial emosional anak terbagi menjadi tiga bagian 1) capaian sosial emosional anak usia dini yang memiliki orang tua tunggal ternyata sangat berpengaruh pada pola asuh orang tua dan sebab terjadinya perpisahan, orang tua single parent yang otoriter menimbulkan anak memiliki karakteristik menjadi ekstrim dan keras kepala, berani dan mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi. Namun keberaniannya cenderung melakukan sikap yang negative, suka menyerang teman; 2) orang tua single parent yang permisif anak dapat mengeali dirinya sendiri sehingga ia dapat melakukan hal yang hanya ia sukasi saja, mulai dapat berimajinasi atau bermain pura-pura, mematuhi peraturan yang ada, mulai mengeal konsep benar dan salah, tidak dapat mengendalikan emosi, menunjukkan sikap murung, cepat menangis, suka menyendiri, dan dapat bertindak sopan; 3) orang tua single parent yang demikratis yaitu anak menjadi berprilaku tenggang rasa terhadap orang lain, bekerja sama dengan teman, mampu mengenal dirinya sendiri, mulai dapat berimajinasi dan bermain pura-pura, mulai berkomunikasi dengan orang yang dikenalnya, aktif bergaul dengan teman, mulai mengikuti aturan permainan, menirukan kegiatan orang dewasa, mematuhi peraturan yang ada, mulai mengenal konsep benar dan salah, mau berbagi dengan teman, berani dan mempunyai rasa ingin tahu yang besar, merasa puas atas prestasi yang dicapai, mulai dapat mengendalikan emosi dan menjaga keamanan diri.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.21 Lem a
Keywords: sosial emosional; pola asuh; single parent
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 09 Jun 2021 21:00
Last Modified: 09 Jun 2021 21:00
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42497

Actions (login required)

View Item
View Item