SITINJAK, WELRINO (2021) ANALISIS PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING DI TENGAH PANDEMI COVID-19 SEKOLAH DASAR DESA SAMPALI TAHUN AJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1161111107_COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 1161111107_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
3. NIM. 1161111107_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
4. NIM. 1161111107_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
5. NIM. 1161111107_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
6. NIM. 1161111107_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
7. NIM. 1161111107_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 1161111107_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 1161111107_BAB I.pdf - Published Version
Download (400kB) | Preview
13. NIM. 1161111107_BAB V.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
14. NIM. 1161111107_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitain ini adalah bagaimana Peran guru dalam meningkatkan keaktifan siwa pada pembelajaran daring di Tengah Pandemi Covid 19 di Sekolah Dasar desa Sampali.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
analisisperan guru dalam meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran daring di Sekolah Dasar.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini berjumlah 30 guru dari tiga SD yaitu SD Negeri 101774 Sampali, SD Negeri 101775 Sampali dan SD Negeri 101776 Sampali.
Kec.Percut Sei Tuan. Adapun teknik pengumpulan pada penelitian ini berupa penyebaran angket/kuesioner yang berjumlah 30 butir pertanyan yang sudah divalidkan dengan dosen ahli. Teknik analisis data yang digunakan di dalam
penelitian ini yaitu dengan menggunakan teknik analisis kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran guru dalam meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran daring di tengah pandemi covid 19 berdasarkan indikator Peran guru sebagai informator,organisator, Motivator, Pengarah, Inisiator, transmitter, Fasilitator, Mediator dan Evaluator masuk dalam kategori baik dengan persentase 93,33% yaitu sebanyak 28 responden. Dan kategori sangat baik dengan persentase 3,33% yaitu 1 responden. Kemudian kategori cukup baik dengan persentase 3,33% yaitu 1 responden dan kategori kurang baik dengan persentase 0% atau tidak ada responden. Indikator Guru sebagai pengelola kelas jarak jauh kategori baik dengan persentase 60%
yaitu sebanyak 18 responden. Dan kategori sangat baik dengan persentase 40% yaitu 20 responden. Kemudian kategori Cukup baik dengan persentase 0% atau tidak ada responden dan kategori kurang baik dengan persentase 0% atau tidak ada responden.Secara keseluruhan masuk kategori baik yaitu persentase 96,7% yaitu 29 responden. Dengan ini disimpulkan bahwa Analisis peran guru dalam meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran daring ditengah pandemi Covid 19 sekolah dasar Desa Sampali Tahun ajaran 2020/2021 sudah baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Analisis, Peran Guru, Meningkatkan Keaktifan Siswa |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1031 Competency based education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 25 Jun 2021 05:35 |
Last Modified: | 25 Jun 2021 05:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42421 |