Zulkifli (2012) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DISCOVERY DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA SISWA SMA SUTOMO 2 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 08118893018 Judul.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
2. 08118893018 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (591kB) | Preview
3. 08118893018 Abstrak.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
4. 08118893018 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
5. 08118893018 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
6. 08118893018 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
7. 08118893018 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
8. 08118893018 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
9. 08118893018 Bab I.pdf - Published Version
Download (384kB) | Preview
10. 08118893018 Bab V.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
11. 08118893018 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar Pendidikan Agama Buddha kelompok siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran discovery terbimbing dan discovery mandiri, (2) perbedaan hasil belajar kelompok siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dan motivasi berprestasi rendah, (3) interaksi antara strategi pembelajaran discovery dan motivasi berprestasi siswa terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Buddha. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X (sepuluh) SMA Sutomo 2 Medan Tahun Pelajaran 2010/2011 terdiri dari 5 (lima) kelas dengan sebaran jumlah siswa 40 orang perkelas. Sampel penelitian ditetapkan satu kelas sebagai kelas pembelajaran strategi discovery terbimbing dan satu kelas pembelajaran discovery mandiri. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Instrumen penelitian adalah tes dan angket. Tes digunakan untuk mendapatkan data hasil belajar sedangkan angket digunakan untuk melihat karakteristik motivasi berprestsi siswa. Uji normalitas dengan uji Liliefors sedangkan uji homogenitas dengan uji Fisher dan uji Bartlett. Teknik analisis adalah Anava dua jalur pada taraf signifikansi  = 0,05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffe.Temuan penelitian ini: (1) rata-rata skor hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi discovery terbimbing (32,36) lebih tinggi dari rata-rata skor hasil belajar siswa dengan strategi discovery mandiri (28,20); (2) rata-rata skor hasil belajar siswa dengan motivasi berprestasi tinggi (29,91) lebih tinggi dari rata-rata skor hasil belajar siswa dengan motivasi berprestasi rendah (26,05). Berdasarkan temuan tersebut maka penelitian ini menyimpulkan: (1) hasil belajar siswa dengan strategi discovery terbimbing lebih tinggi dari discovery mandiri; (2) hasil belajar siswa dengan motivasi berprestasi tinggi, lebih tinggi dari motivasi berprestasi rendah; (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran discovery dengan motivasi berprestasi dalam memberikan pengaruh terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Buddha siswa kelas X SMA Sutomo 2 Medan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 294.375 Zul p |
Keywords: | Strategi pembelajaran; Motivasi berprestasi; Discovery terbimbing; Discovery mandiri; Pendidikan agama buddha |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BQ Buddhism |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 19 May 2016 08:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4242 |