UTAMI, RIZKY TIA (2019) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AK SMK BM APIPSU MEDAN T.P 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7143142027 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM. 7143142027 APPROPAL SHEETS.pdf - Published Version
Download (780kB) | Preview
3. NIM. 7143142027 PREFACE.pdf - Published Version
Download (421kB) | Preview
4. NIM. 7143142027 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
5. NIM. 7143142027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
6. NIM. 7143142027 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 7143142027 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 7143142027 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM. 7143142027 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (415kB) | Preview
13. NIM. 7143142027 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
14. NIM. 7143142027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kreativitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas X AK SMK BM Apipsu Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas dan hasil belajar akuntansi siswa jika diterapkan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah dengan model Problem Based Learning di kelas X AK SMK BM Apipsu Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK BM Apipsu Medan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X AK yang berjumlah 30 orang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dimana tiap siklus terdiri 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data mengggunakan data kualitatif dan data kuantitatif.
Dari data hasil pengamatan kreativitas yang dilaksanakan pada siklus I terdapat 9 siswa dari 30 siswa yang mendapat nilai ≥ 23 atau sebesar (30%), dan 21 siswa mendapat nilai ≤ 23 atau sebesar (70%) dengan nilai rata – rata kreativitas belajar siswa sebesar 19,37. Pada siklus II siswa memperoleh nilai ≥ 23 sebanyak 25 siswa (83,33%), dan siswa yang memperoleh niali ≤ 23 sebanyak 5 siswa (16,67%) dengan nilai rata – rata kreativitas belajar siswa sebesar 24. Sedangkan dari data hasil belajar siswa yang dilaksanakan pada siklus I terdapat 19 siswa dari 30 siswa yang mendapat nilai ≥ 75 atau sebesar (63,33%), dan 11 siswa mendapat nilai ≤ 75 atau sebesar (36,67%), dengan nilai rata – rata hasil belajar siswa 70,67. Pada siklus II siswa memperoleh nilai ≥ 75 sebanyak 26 siswa (86,67%), dan siswa yang memperoleh nilai ≤ 75 sebesar 4 siswa (13,33%) dengan nilai rata – rata 83,33. Karena kreativitas dan hasil belajar akuntansi siswa pada siklus II sudah mencapai indikator keberhasilan, maka penelitian tidak perlu dilanjutkan ke siklus berikutnya.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah dengan model Problem Based Learning dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas X AK pada Standar Kompetensi Jurnal Umum di SMK BM Apipsu Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah, Problem Based Learning, Kreativitas dan Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 08 Jun 2021 02:09 |
Last Modified: | 08 Jun 2021 02:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42419 |