Samosir, Rafidah Almira (2021) INOVASI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI MAHASISWA DALAM PENGAJARAN TITRASI KOMPLEKSOMETRI. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8176142013 COVER.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
2. NIM 8176142013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (713kB) | Preview
3. NIM 8176142013 ABTRACT.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
4. NIM 8176142013 PREFACE.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
5. NIM 8176142013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (381kB) | Preview
6. NIM 8176142013 TABLES.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
7. NIM 8176142013 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
8. NIM 8176142013 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
9. NIM 8176142013 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (644kB) | Preview
13. NIM 8176142013 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
14. NIM 8176142013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (550kB) | Preview
Abstract
Inovasi pembelajaran berbasis proyek dan multimedia dalam pengajaran titrasi kompleksometri ini bertujuan untuk mengetahui (1) bentuk inovasi yang
dilakukan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa; (2) bentuk multimedia yang digunakan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa; (3) multimedia yang digunakan telah memenuhi kriteria kelayakan; (4) hasil belajar mahasiswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar kelas kontrol; (5) keterampilan psikomotorik mahasiswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol; dan (6) tanggapan mahasiswa terhadap pembelajaran.Penelitian ini dilakukan terhadap mahasiswa Semester V Prodi Pendidikan Kimia T.A. 2019/2020. Sampel penelitian terdiri dari 42 orang mahasiswa, yaitu mahasiswa kelas Pendidikan Kimia D 2017 (kelas skperimen) dan kelas Pendidikan Kimia A 2017 (kelas kontrol) yang dipilih dengan teknik random sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D). Berdasarkan hasil analsis kebutuhan maka dikembangkan multimedia berbasis proyek berbentuk flash yang didalamnya terdapat 6 set kegiatan proyek yang diintegrasikan sesuai dengan subtopik titrasi kompleksometri. Multimedia berbasis proyek telah memenuhi kriteria kelayakan oleh ahli materi (nilai rata-rata
3,29 atau sangat layak) dan ahli media (nilai rata-rata 3,46 atau sangat layak). Pengambilan data untuk hasil belajar siswa diperoleh dengan tes hasil belajar yang
menggunakan instrumen yang valid sebanyak 20 soal dan reliabel (0,881).Berdasarkan data hasil analisa data hasil belajar dengan menggunakan Uji-t Pihak
Kanan dan Uji Independent Sample T-Test SPSS 17.0 for windows , diperoleh bahwa hasil uji Independent Sample T-Test SPSS 17.0 for windows diperoleh sig (2.tailed) < α (0,000 < 0,05), sementara hasil Uji-t Pihak Kanan diperoleh harga thitung sebesar 4,072 sedangkan ttabel sebesar 1,680 pada taraf α = 0,05) dan db = 40,
sehingga thitung > ttabel. Berdasarkan kedua hasil analisis data tersebut maka Ha diterima, sehingga hasil belajar mahasiswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar mahasiswa kelas kontrol. Sementara Berdasarkan data hasil analisa data keterampilan psikomotorik dengan menggunakan Uji-t Pihak Kanan dan Uji Independent Sample T-Test SPSS 17.0
for windows , diperoleh bahwa hasil uji Independent Sample T-Test SPSS 17.0 for windows diperoleh sig (2.tailed) < α (0,000 < 0,05), sementara hasil Uji-t Pihak Kanan diperoleh harga thitung sebesar 2,350 sedangkan ttabel sebesar 1,680 pada taraf α = 0,05) dan db = 40, sehingga thitung > ttabel. Berdasarkan kedua hasil analisis data tersebut maka Ha diterima, sehingga keterampilan psikomotorikmahasiswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan keterampilan psikomotorik mahasiswa kelas kontrol. Tanggapan mahasiswa terhadap inovasi pembelajaran yang dilakukan yaitu 3,46 (sangat baik).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 540.72 Sam i |
Keywords: | Kompetensi Mahasiswa; Multimedia; Pembelajaran Inovatif; Projek; Titrasi Kompleksometri |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 03 Jun 2021 02:40 |
Last Modified: | 03 Jun 2021 02:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42396 |