Anindita, Ariati Dara (2021) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Berbantuan Daring untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Adversity Quotient Siswa MAN 1 Medan. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8186172005 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM. 8186172005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
3. NIM. 8186172005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
4. NIM. 8186172005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
5. NIM. 8186172005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (335kB) | Preview
6. NIM. 8186172005 TABLES.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
7. NIM. 8186172005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
8. NIM. 8186172005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12. NIM. 8186172005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
13. NIM. 8186172005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (431kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis Pendekatan Matematika Realistik berbantuan daring yang valid untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan adversity quotient siswa MAN 1 Medan; (2) Menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis Pendekatan Matematika Realistik berbantuan daring yang praktis untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan adversity quotient siswa MAN 1 Medan; (3) Menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis Pendekatan Matematika Realistik berbantuan daring yang efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan adversity quotient siswa MAN 1 Medan; 4) Menganalisis peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa setelah menggunakan perangkat pembelajaran berbasis Pendekatan Matematika Realistik berbantuan daring siswa MAN 1 Medan; 5) Menganalisis pencapaian adversity quotient siswa setelah menggunakan perangkat pembelajaran berbasis Pendekatan Matematika Realistik berbantuan daring siswa MAN 1 Medan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IS-1 dan X Is-2 MAN 1 Medan tahun ajaran 2020/2021 yang masing-masing berjumlah 30 siswa. Jenis Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berbasis Pendekatan Matematika Realistik Berbantuan Daring telah memenuhi kriteria valid; 2) Kemampuan berpikir kritis matematis siswa menggunakan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan matematika realistik berbantuan daring meningkat ditinjau dari: rata-rata N-Gain uji coba I sebesar 0,3 pada kategori rendah dan rata-rata N-Gain uji coba II sebesar 0,6 pada kategori sedang; 3) Pencapaian kemampuan Adversity Quotient siswa meningkat ditinjau dari: rata-rata hasil Adversity Response Profile (ARP) siswa uji coba I sebesar 125,43 meningkat menjadi 154,13 pada uji coba II dan meningkat sebesar 28,70 ; 4) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berbasis Pendekatan Matematika Realistik Berbantuan Daring telah memenuhi kriteria praktis, 5) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berbasis Pendekatan Matematika Realistik Berbantuan Daring telah memenuhi kriteria efektif.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information: | 510.72 Ani p |
| Keywords: | Kemampuan Berpikir Kritis Matematis; Adversity Quotient; Pendekatan Matematika Realistik; Perangkat Pembelajaran Matematika. |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - (S2) |
| Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
| Date Deposited: | 03 Jun 2021 02:18 |
| Last Modified: | 03 Jun 2021 02:18 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42392 |
