Anindita, Ariati Dara (2021) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Berbantuan Daring untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Adversity Quotient Siswa MAN 1 Medan. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8186172005 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM. 8186172005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
3. NIM. 8186172005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
4. NIM. 8186172005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
5. NIM. 8186172005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (335kB) | Preview
6. NIM. 8186172005 TABLES.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
7. NIM. 8186172005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
8. NIM. 8186172005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12. NIM. 8186172005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
13. NIM. 8186172005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (431kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis Pendekatan Matematika Realistik berbantuan daring yang valid untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan adversity quotient siswa MAN 1 Medan; (2) Menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis Pendekatan Matematika Realistik berbantuan daring yang praktis untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan adversity quotient siswa MAN 1 Medan; (3) Menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis Pendekatan Matematika Realistik berbantuan daring yang efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan adversity quotient siswa MAN 1 Medan; 4) Menganalisis peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa setelah menggunakan perangkat pembelajaran berbasis Pendekatan Matematika Realistik berbantuan daring siswa MAN 1 Medan; 5) Menganalisis pencapaian adversity quotient siswa setelah menggunakan perangkat pembelajaran berbasis Pendekatan Matematika Realistik berbantuan daring siswa MAN 1 Medan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IS-1 dan X Is-2 MAN 1 Medan tahun ajaran 2020/2021 yang masing-masing berjumlah 30 siswa. Jenis Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berbasis Pendekatan Matematika Realistik Berbantuan Daring telah memenuhi kriteria valid; 2) Kemampuan berpikir kritis matematis siswa menggunakan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan matematika realistik berbantuan daring meningkat ditinjau dari: rata-rata N-Gain uji coba I sebesar 0,3 pada kategori rendah dan rata-rata N-Gain uji coba II sebesar 0,6 pada kategori sedang; 3) Pencapaian kemampuan Adversity Quotient siswa meningkat ditinjau dari: rata-rata hasil Adversity Response Profile (ARP) siswa uji coba I sebesar 125,43 meningkat menjadi 154,13 pada uji coba II dan meningkat sebesar 28,70 ; 4) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berbasis Pendekatan Matematika Realistik Berbantuan Daring telah memenuhi kriteria praktis, 5) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berbasis Pendekatan Matematika Realistik Berbantuan Daring telah memenuhi kriteria efektif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.72 Ani p |
Keywords: | Kemampuan Berpikir Kritis Matematis; Adversity Quotient; Pendekatan Matematika Realistik; Perangkat Pembelajaran Matematika. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 03 Jun 2021 02:18 |
Last Modified: | 03 Jun 2021 02:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42392 |