Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Berbantuan Daring untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Adversity Quotient Siswa MAN 1 Medan.

Anindita, Ariati Dara (2021) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Berbantuan Daring untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Adversity Quotient Siswa MAN 1 Medan. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8186172005 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8186172005 COVER.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8186172005 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8186172005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (296kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8186172005 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8186172005 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8186172005 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8186172005 PREFACE.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8186172005 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8186172005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (335kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8186172005 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8186172005 TABLES.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8186172005 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8186172005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8186172005 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8186172005 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 8186172005 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 8186172005 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8186172005 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8186172005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (431kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis Pendekatan Matematika Realistik berbantuan daring yang valid untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan adversity quotient siswa MAN 1 Medan; (2) Menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis Pendekatan Matematika Realistik berbantuan daring yang praktis untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan adversity quotient siswa MAN 1 Medan; (3) Menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis Pendekatan Matematika Realistik berbantuan daring yang efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan adversity quotient siswa MAN 1 Medan; 4) Menganalisis peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa setelah menggunakan perangkat pembelajaran berbasis Pendekatan Matematika Realistik berbantuan daring siswa MAN 1 Medan; 5) Menganalisis pencapaian adversity quotient siswa setelah menggunakan perangkat pembelajaran berbasis Pendekatan Matematika Realistik berbantuan daring siswa MAN 1 Medan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IS-1 dan X Is-2 MAN 1 Medan tahun ajaran 2020/2021 yang masing-masing berjumlah 30 siswa. Jenis Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berbasis Pendekatan Matematika Realistik Berbantuan Daring telah memenuhi kriteria valid; 2) Kemampuan berpikir kritis matematis siswa menggunakan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan matematika realistik berbantuan daring meningkat ditinjau dari: rata-rata N-Gain uji coba I sebesar 0,3 pada kategori rendah dan rata-rata N-Gain uji coba II sebesar 0,6 pada kategori sedang; 3) Pencapaian kemampuan Adversity Quotient siswa meningkat ditinjau dari: rata-rata hasil Adversity Response Profile (ARP) siswa uji coba I sebesar 125,43 meningkat menjadi 154,13 pada uji coba II dan meningkat sebesar 28,70 ; 4) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berbasis Pendekatan Matematika Realistik Berbantuan Daring telah memenuhi kriteria praktis, 5) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berbasis Pendekatan Matematika Realistik Berbantuan Daring telah memenuhi kriteria efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.72 Ani p
Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis Matematis; Adversity Quotient; Pendekatan Matematika Realistik; Perangkat Pembelajaran Matematika.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 03 Jun 2021 02:18
Last Modified: 03 Jun 2021 02:18
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42392

Actions (login required)

View Item
View Item