Pratama, Yohan Aji (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android Terintegrasi Pendekatan Saintfik pada Materi Sifat Koligatif Larutan di SMA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156142031 COVER .pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 8156142031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
3. NIM. 8156142031 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
4. NIM. 8156142031 PREFACE.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
5. NIM. 8156142031 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
6. NIM. 8156142031 TABELS.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
7. NIM. 8156142031 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 8156142031 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 8156142031 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (425kB) | Preview
13. NIM. 8156142031 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
14. NIM. 8156142031 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (382kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran kimia berbasis android terintegrasi pendekatan saintifik yang telah dikembangkan pada materi sifat koligatif larutan; mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar dan motivasi belajar siswa ditinjau dari media pembelajaran yang digunakan; dan mengetahui perbedaan tingkat motivasi belajar siswa terhadap peningkatan hasil belajar. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XII IPA SMA di kota Medan T.A 2020/2021. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas XII Unggulan Tahfidz dan kelas XII Unggulan C masing-masing terdiri dari 26 siswa dan 22 orang siswa. Instrumen penelitian berupa angket berdasarkan BSNP, tes objektif hasil belajar, serta lembar angket motivasi belajar. Teknik analisis data yang digunakan One Way Anova dengan Uji Regresi Linier pada aplikasi SPSS 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: media pembelajaran kimia berbasis android terintegrasi pendekatan saintifik pada materi sifat koligatif larutan yang telah dikembangkan memperoleh hasil validasi dengan nilai rata-rata 4,6 tergolong dalam kategori sangat layak; ada perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan media pembelajaran kimia berbasis android terintegrasi pendekatan saintifik dengan nilai gain sebesar 0,57; ada perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan media pembelajaran kimia berbasis android terintegrasi pendekatan saintifik dengan nilai nilai signifikan 0,000 < α (0,05); dan terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada materi sifat koligatif larutan dengan nilai R = 0,47 dan koefisien determinasi sebesar 22,1%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 541.307 2 Pra p |
Keywords: | media pembelajaran; android; motivasi belajar; hasil belajar; sifat koligatif larutan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 03 Jun 2021 01:28 |
Last Modified: | 03 Jun 2021 01:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42390 |