Syahrial (2013) PERSEPSI GURU TERHADAP HUBUNGAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI KERJA DAN KEPUASAN KERJA DENGAN KINERJA GURU SD GUGUS I KECAMATAN BINJAI BARAT KOTA BINJAI. Masters thesis, UNIMED.
1. 081188130143 Judul.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
2. 081188130143 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (607kB) | Preview
3. 081188130143 Abstrak.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
4. 081188130143 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
5. 081188130143 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
6. 081188130143 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
7. 081188130143 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
8. 081188130143 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
9. 081188130143 Bab I.pdf - Published Version
Download (437kB) | Preview
10. 081188130143 Bab V.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
11. 081188130143 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan: 1) Persepsi Guru Terhadap Kepemimpinan Kepala Sekolah dengan Kinerja Guru, 2) Motivasi Kerja dengan Kinerja Guru, 3) Kepuasan Kerja dengan Kinerja Guru, 4) Persepsi Guru Terhadap Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, dan Kepuasan Kerja secara bersama-sama dengan Kinerja Guru. Subjek penelitian adalah Guru SD Gugus I Kecamatan Binjai Barat Kota Binjai, dengan jumlah sampel sebanyak 58 responden. Alat ukur instrumen yang dipergunakan dalam pengambilan data Persepsi Guru Terhadap Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja Guru, Kepuasan Kerja Guru dan Kinerja Guru menggunakan angket berskala Likert. Sebelum instrumen penelitian digunakan untuk mengumpulkan data penelitian terlebih dahulu diujicobakan, dilanjutkan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Untuk perhitungan uji validitas angket digunakan rumus korelasi product moment, dan untuk uji reliabilitas angket digunakan rumus Cronbachs Alpha.Hasil ujicoba validitas instrumen angket tentang Persepsi Guru Terhadap Kepemimpinan Kepala Sekolah diperoleh 25 dari 26 items, Motivasi Kerja Guru diperoleh 25 dari 25 items, Kepuasan Kerja Guru 25 dari 26 items dan Kinerja Guru diperoleh 87 items dari semua item yang diujicobakan. Untuk koefisien reliabilitas Persepsi Guru Terhadap Kepemimpinan Kepala Sekolah sebesar 0,902, Motivasi Kerja Guru sebesar 0,917, Kepuasan Kerja Guru sebesar 0,867 dan Kinerja Guru sebesar 0,963. Dengan demikian instrument angket tersebut termasuk dalam angket berkategori sangat tinggi. Untuk menguji hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini, digunakan teknik korelasi sederhana dan ganda. Berdasarkan pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara : (1) Kepemimpinan Kepala Sekolah dengan Kinerja Guru, rX1Y = 0,363, dan besar ttabel < thitung (1,672<2,918), (2) Motivasi Kerja dengan Kinerja Guru, rX2Y = 0,384, dan besar ttabel < thitung (1,672<3,115), (3) Kepuasan Kerja dengan Kinerja Guru, rX3Y = 0,383, dan besar ttabel < thitung (1,672<3,102), (4) Persepsi Guru Terhadap Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, dan Kepuasan Kerja secara bersama-sama dengan Kinerja Guru, R = 0,547 dan besar Ftabel < Fhitung (2,78<7,678).Semakin baik Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja maka semakin meningkat Kinerja Guru Sekolah Dasar Gugus I Kecamatan Binjai Barat Kota Binjai, maka untuk mengoptimalkan Kinerja Guru perlu peningkatan tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja Guru.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 658.312 Sya p |
Keywords: | Kepuasan kerja; Motivasi kerja; Kepala sekolah; Kepemimpinan; Kinerja; Guru |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 19 May 2016 03:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4238 |