MUNTHE, RUTH DWI (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA SWASTA PARULIAN 2 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7143342034 COVER.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
2. NIM 7143342034 APPROVALSHEET.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
3. NIM 7143342034 PREFACE.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
4. NIM 7143342034 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
5. NIM 7143342034 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
6. NIM 7143342034 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
7. NIM 7143342034 LIST OF PICTURE.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM 7143342034 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM 7143342034 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (532kB) | Preview
13. NIM 7143342034 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
14. NIM 7143342034 References.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS SMAS Parulian 2 Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS Medan dengan menerapkan model pembelajaran Problem Posing.
Penelitian ini dilaksanakan di SMAS Parulian 2 Medan yang beralamat diJl. Garuda Raya, Tegal Sari Mandala II, Medan Denai. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS dengan jumlah 39 orang dan objek penelitian ini penerapan model pembelajaran Problem Posing dalam upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dan dilakukan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi untuk melihat aktivitas belajar siswa dan test soal akuntansi untuk melihat hasil belajar akuntansi siswa. Adapun teknik analisis data menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif.
Berdasarkan hasil penelitian ini pada siklus I diperoleh hasil aktivitas belajar siswa sebanyak 11 siswa (28,21%) kategori aktif dan sangat aktif dan pada siklus II hasil aktivitas belajar siswa sebanyak 34 orang siswa (87,18%) kategori aktif dan sangat aktif. Terjadi peningkatan aktivitas sebesar 58,97% telah memenuhi kriteria ketuntasan ≥ 23 atau 75%. Pada hasil tes belajar siswa pre-test diperoleh nilai siswa yang tuntas 12 siswa (30,77%) dengan nilai rata-rata 56,67, pada siklus I 23 siswa(58,97%) dengan nilai rata-rata 73,21 , dan pada siklus II 32 siswa (82,05%) dengan nilai rata-rata 86,03 telah memenuhi kriteria ketuntasan minimum sekolah ≥ 75. Berdasarkan analisis di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Posing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada standar kompetensi menyusun ikhtisar siklus akuntansi perusahaan dagang akuntansi di kelas XII IPS SMAS Parulian 2 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Aktivitas, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Problem Posing |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 03 Jun 2021 00:14 |
Last Modified: | 03 Jun 2021 00:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42378 |