Rizki, Rohazmy (2020) Inovasi Pembelajaran Menggunakan Multimedia Dan Proyek Untuk Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa Dalam Pengajaran Titrasi Redoks. Masters thesis, UNIMED.
1__NIM__8176141010_COVER.PDF - Published Version
Download (49kB) | Preview
2__NIM__8176141010_APPROVAL.PDF - Published Version
Download (229kB) | Preview
3__NIM__8176141010_ABSTRACT.PDF - Published Version
Download (139kB) | Preview
4__NIM__8176141010_PREFACE.PDF - Published Version
Download (265kB) | Preview
5__NIM__8176141010_TABLE_OF.PDF - Published Version
Download (140kB) | Preview
6__NIM__8176141010_TABLES.PDF - Published Version
Download (118kB) | Preview
7__NIM__8176141010_ILLUSTRA.PDF - Published Version
Download (112kB) | Preview
8__NIM__8176141010_APPENDIC.PDF - Published Version
Download (119kB) | Preview
9__NIM__8176141010_CHAPTER_.PDF - Published Version
Download (277kB) | Preview
13__NIM__8176141010_CHAPTER.PDF - Published Version
Download (142kB) | Preview
14__NIM__8176141010_BIBLIOG.PDF - Published Version
Download (353kB) | Preview
Abstract
Pengembangan pembelajaran inovatif dengan multimedia dan proyek untuk materi titrasi redoks dijelaskan dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk menyediakan sebuah pembelajaran yang inovatif dengan menggunakan multimedia (video pembelajaran) sebagai bahan ajar dan dilanjutkan dengan kegiatan proyek yang digunakan sebagai dukungan pengajaran untuk pembelajaran aktif dalam meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam bidang kimia. Prosedur penelitian dimulai dari pembuatan video pembelajaran materi titrasi redoks sebagai bahan ajar, standardisasi bahan ajar yang dikembangkan, dan penggunaan bahan ajar sebagai panduan belajar mahasiswa untuk mengerjakan proyek dalam mendukung penguasaan materi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi pembelajaran dengan multimedia dan proyek telah berhasil dikembangkan untuk materi titrasi redoks. Implementasi pembelajaran menggunakan multimedia dan proyek efektif digunakan dalam mempelajari kimia analitik dasar khususnya pada materi titrasi redoks. Nilai rata-rata hasil belajar mahasiswa meningkat setelah mengikuti pembelajaran inovatif menggunakan multimedia dan proyek. Mahasiswa memberikan tanggapan positif terhadap bentuk pembelajaran yang mereka ikuti. Video pembelajaran dan proyek terbukti cukup membantu mahasiswa dalam belajar kimia secara mandiri. Pola pembelajaran telah berubah menjadi terpusat pada mahasiswa sehingga mengintensifkan kegiatan belajar mengajar, membangun keterampilan berpikir kritis, dan meningkat hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 540.75 Riz i |
Keywords: | inovasi pembelajaran; video pembelajaran; multimedia; proyek; titrasi redoks |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 02 Jun 2021 20:58 |
Last Modified: | 02 Jun 2021 20:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42370 |