Situmorang, Fredy (2021) Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Web Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Sasis dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan Untuk Peningkatan Hasil Belajar di SMK Negeri. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8176122010 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
2. NIM 8176122010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (626kB) | Preview
3. NIM 8176122010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (550kB) | Preview
4. NIM 8176122010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
5. NIM 8176122010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
6. NIM 8176122010 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
7. NIM 8176122010 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
8. NIM 8176122010 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
9. NIM 8176122010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (820kB) | Preview
13. NIM 8176122010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
14. NIM 8176122010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (647kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk mengetahui kelayakan Media Pembelajaran E�Learning Berbasis Web; (2) untuk mengetahui efektivitas penggunaan Media Pembelajaran
E-Learning Berbasis Web pada pembelajaran Perawatan Sasis dan Pemindah Tenaga
Kendaraan Ringan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan
menggunakan model pengembangan produk Borg and Gaal yang dikombinasikan dengan
Dick and Carrey. Uji kelayakan dilakukan melalui validasi para ahli (ahli materi pelajaran
Perawatan Sasis dan Pemindah tenaga Kendaraan Ringan, ahli desain pembelajaran dan ahli
media pembelajaran), serta uji akseptansi yang langsung di berikan kepada peserta didik
sebagai pengguna dari produk. Sedangkan uji efektivitas dilakukan pada peserta didik kelas
XI di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Medan. Metode yang digunakan untuk uji
efektivitas adalah metode True Experimental Design . Sampel penelitian uji efektivitas dari
60 peserta didik yang terdiri dari 30 peserta didik sebagai kelas eksperimen yang diajarkan
dengan menggunakan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Web, dan 30 peserta didik
sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan menggunakan buku teks. Hasil uji hipotesis
membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pembelajaran Perawatan
Sasis dan Pemindah Tenaga peserta didik yang diajar dengan menggunakan Media
Pembelajaran E-Learning Berbasis Web, dengan hasil belajar Perawatan Sasis dan Pemindah
Tenaga yang diajar dengan menggunakan buku teks. Hal ini ditunjukkan oleh perolehan data
yaitu thitung = 2,39 sedangkan ttabel = 1,70, pada tingkat signifikan 0,05. Disimpulkan bahwa
efektivitas pembelajaran Perawatan Sasis dan Pemindah Tenaga dengan menggunakan Media
Pembelajaran E-Learning Berbasis Web, lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan
buku teks.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 370.113 Sit p |
Keywords: | E-Learning; web, media pembelajaran; Perawatan Sasis dan Pemindah Tenaga |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 31 May 2021 00:59 |
Last Modified: | 31 May 2021 00:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42336 |