Pratama, Davindra Joni Pengembangan Perangkat Penilaian Afektif Pada Mata Pelajaran Biologi SMA Kelas X di SMA Negeri. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8176174007 COVER.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
2. NIM 8176174007 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
3. NIM 8176174007 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
4. NIM 8176174007 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
5. NIM 8176174007 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
6. NIM 8176174007 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
7. NIM 8176174007 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
8. NIM 8176174007 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
9. NIM 8176174007 BAB I.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
13. NIM 8176174007 BAB V.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
14. NIM 8176174007 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat penilaian afektif di SMA kelas X mata pelajaran Biologi. Instrumen yang dikembangkan akan diuji validitas, reliabilitas dan praktikalitasnya. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan di lapangan, hasil observasi ke sekolah menunjukkan bahwa belum ada instrumen penilaian domain afektif yang mengacu pada standar yang dikeluarkan oleh Depdiknas, sehingga guru di sekolah cenderung tidak melakukan penilaian afektif atau hanya melakukan enilaian afektif berdasarkan pengamatan saja. Penelitian dilakukan di SMAN 1 dan SMAN 2 Tanjungbalai. Pengembangan instrumen
penilaian domain afektif ini dilakukan menggunakan model 4-D yang dilakukan secara bertahap. Tahap tersebut terdiri dari Define (pendefinisian), Design perancangan), Development (pengembangan) dan Dissemination penyebaran).
Produk akhir yang dihasilkan adalah instrumen penilaian afektif yang valid, praktis dan reliabel yang dapat digunakan untuk melakukan penilaian afektif di sekolah
dengan nilai validasi instrumen penilaian domain afektif yang dikembangkan adalah 90,5 %, sedangkan untuk uji praktikalitas instrumen penilaian domain afektif yang dikembangkan adalah sangat praktis dengan nilai 77,5 % dan hasil uji reliabilitas menunjukkan angka Cronbach’s α > 0,6.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 574.072 Pra p |
Keywords: | Penilaian Afektif; Pembelajaran Biologi; Penilaian Pembelajaran Biologi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 28 May 2021 01:23 |
Last Modified: | 28 May 2021 01:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42327 |