Musriadi (2021) Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Budaya Organisasi, Iklim Organisasi, dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri Kota Banda Aceh. Doctoral thesis, UNIMED.
1. NIM. 8186114029 COVER .pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM. 8186114029 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
3. NIM. 8186114029 ABSTRACT .pdf - Published Version
Download (626kB) | Preview
4. NIM. 8186114029 PREFACE.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
5. NIM. 8186114029 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
6. NIM. 8186114029 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
7. NIM. 8186114029 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
8. NIM. 8186114029 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
9. NIM. 8186114029 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (998kB) | Preview
13. NIM. 8186114029 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (637kB) | Preview
14. NIM. 8186114029 BIBLIOGRAPHY .pdf - Published Version
Download (737kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengkaji: (1) model kinerja guru yang
dibangun berdasarkan hubungan kausal asosiatif antara variabel eksogenus dengan variabel
endogenus, (2) pengaruh kepemipinan transformasional kepala sekolah terhadap kepuasan kerja,
(3) pengaruh budaya organisasi terhadap kepuasan kerja, (4) pengaruh iklim organisasi terhadap
kepuasan kerja, (5) pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja
guru, (6) pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja guru, (7) pengaruh iklim organisasi
terhadap kinerja guru, dan (8) pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja guru. Penelitian ini
dilakukan pada SMP Negeri di Kota Banda Aceh dengan melibatkan 260 guru sebagai responden.
Untuk pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dengan lima pilihan jawaban.
Teknik sampling yang digunakan proporsional random sampling. Instrumen yang digunakan
terlebih dahulu diujicobakan kepada responden di luar sampel untuk mendapatkan instrumen yang
sahih dan reliabel. Uji validitas menggunakan korelasi Product Moment, sedangkan untuk menguji
reliabilitasnya dengan formula Alpha dari Cronbac. Sebelum dilakukan pengujian hipotesis,
terlebih dahulu dihitung uji persyaratan analisis yang mencakup: uji normalitas data dan uji
linieritas regresi.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) diperoleh model kinerja guru, (2) kepemimpinan
transformasional kepala sekolah berpengaruh langsung positif terhadap kepuasan kerja ditunjukan
bahwa ƿ41= 0,440; (3) budaya organisasi berpengaruh langsung positif terhadap kepuasan kerja
ditunjukan bahwa ƿ42= 0,152; (4) iklim organisasi berpengaruh langsung positif terhadap kepuasan
kerja ditunjukan bahwa ƿ43= 0,243; (5) kepemimpinan transformasional kepala sekolah
berpengaruh langsung positif terhadap kinerja guru ditunjukan bahwa ƿ51= 0,175; (6) budaya
organisasi berpengaruh langsung positif terhadap kinerja guru ditunjukan bahwa ƿ52= 0,127; (7)
iklim organisasi berpengaruh langsung positif terhadap kinerja guru ditunjukan bahwa ƿ53= 0,153;
dan (8) kepuasan kerja berpengaruh langsung positif terhadap kinerja guru ditunjukan bahwa ƿ54=
0,451;. Berdasarkan penerimaan hipotesis-hipotesis penelitian maka ditemukan model teoretik atau
fixed model yang menggambarkan struktur hubungan kausal antara variabel kepemimpinan
transformasional, budaya organisasi, iklim organisasi, kepuasan kerja, dan kinerja guru pada
Program SMP Negeri Kota Banda Aceh.