Analisis Kecerdasan Logis Matematis dan Kepercayaan Diri (Self Confidence) Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Problem Based Learning (PBL)

Fardani, Zuhur (2021) Analisis Kecerdasan Logis Matematis dan Kepercayaan Diri (Self Confidence) Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Problem Based Learning (PBL). Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8176172056 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8176172056 COVER.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8176172056 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8176172056 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8176172056 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8176172056 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (332kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8176172056 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8176172056 PREFACE.pdf - Published Version

Download (370kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8176172056 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8176172056 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8176172056 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8176172056 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8176172056 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8176172056 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8176172056 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8176172056 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 8176172056 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 8176172056 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8176172056 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8176172056 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (420kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Kecerdasan logis matematis siswa-siswi setelah pelaksanaan model problem based learning; (2)
Kepercayaan diri (self confidence) siswa-siswi setelah pelaksanaan problem based learning; dan (3) Kesulitan siswa dalam menyelesaikan tes kecerdasan logis matematis siswa setelah diterapkan model problem based learning. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa
MAS Al-Washliyah Km.6 Medan Kelas XI-A yang berjumlah 30 orang, kemudian diangkat subjek wawancara berdasarkan kategori kecerdasan logis matematis dan pola jawaban yang dominan pada setiap kategori. Adapun hasil penelitian sebagai berikut: (1) Kecerdasan logis matematis siswa setelah diterapkan model problem based learning didapat bahwa dari 30 siswa terdapat 8 siswa yang memiliki kecerdasan logis matematis kategori tinggi, 12 siswa yang
memiliki kategori sedang, dan 11 siswa yang memiliki kategori rendah. Untuk setiap indikator, siswa memiliki rata-rata penilaian indikator kemampuan berhitung yaitu kategori sedang; indikator bernalar dan berpikir logis yaitu kategori sedang; dan indikator memecahkan masalah yaitu kategori sedang. (2) Kepercayaan diri (self confidence) siswa setelah diterapkan model problem based
learning didapat bahwa dari 30 siswa terdapat 6 siswa yang memiliki keepercayaan diri (self confidence) kategori tinggi, 20 siswa yang memiliki kategori sedang, dan 4 siswa yang memiliki kategori rendah. (3) Kesulitan siswa dalam menyelesaikan tes kecerdasan logis matematis siswa a) pada kategori tinggi dan sedang, siswa mengalami kesulitan pada indikator pemecahan masalah; b)
pada kategori rendah, siswa mengalami kesulitan pada indikator konsep dan pemecahan masalah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.72 Far a
Keywords: Kecerdasan Logis Matematis; Kepercayaan Diri; Model Problem Based Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 27 May 2021 20:39
Last Modified: 27 May 2021 20:39
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42323

Actions (login required)

View Item
View Item