Fardani, Zuhur (2021) Analisis Kecerdasan Logis Matematis dan Kepercayaan Diri (Self Confidence) Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Problem Based Learning (PBL). Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8176172056 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM. 8176172056 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
3. NIM. 8176172056 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (332kB) | Preview
4. NIM. 8176172056 PREFACE.pdf - Published Version
Download (370kB) | Preview
5. NIM. 8176172056 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
6. NIM. 8176172056 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
7. NIM. 8176172056 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
8. NIM. 8176172056 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12. NIM. 8176172056 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
13. NIM. 8176172056 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (420kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Kecerdasan logis matematis siswa-siswi setelah pelaksanaan model problem based learning; (2)
Kepercayaan diri (self confidence) siswa-siswi setelah pelaksanaan problem based learning; dan (3) Kesulitan siswa dalam menyelesaikan tes kecerdasan logis matematis siswa setelah diterapkan model problem based learning. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa
MAS Al-Washliyah Km.6 Medan Kelas XI-A yang berjumlah 30 orang, kemudian diangkat subjek wawancara berdasarkan kategori kecerdasan logis matematis dan pola jawaban yang dominan pada setiap kategori. Adapun hasil penelitian sebagai berikut: (1) Kecerdasan logis matematis siswa setelah diterapkan model problem based learning didapat bahwa dari 30 siswa terdapat 8 siswa yang memiliki kecerdasan logis matematis kategori tinggi, 12 siswa yang
memiliki kategori sedang, dan 11 siswa yang memiliki kategori rendah. Untuk setiap indikator, siswa memiliki rata-rata penilaian indikator kemampuan berhitung yaitu kategori sedang; indikator bernalar dan berpikir logis yaitu kategori sedang; dan indikator memecahkan masalah yaitu kategori sedang. (2) Kepercayaan diri (self confidence) siswa setelah diterapkan model problem based
learning didapat bahwa dari 30 siswa terdapat 6 siswa yang memiliki keepercayaan diri (self confidence) kategori tinggi, 20 siswa yang memiliki kategori sedang, dan 4 siswa yang memiliki kategori rendah. (3) Kesulitan siswa dalam menyelesaikan tes kecerdasan logis matematis siswa a) pada kategori tinggi dan sedang, siswa mengalami kesulitan pada indikator pemecahan masalah; b)
pada kategori rendah, siswa mengalami kesulitan pada indikator konsep dan pemecahan masalah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.72 Far a |
Keywords: | Kecerdasan Logis Matematis; Kepercayaan Diri; Model Problem Based Learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 27 May 2021 20:39 |
Last Modified: | 27 May 2021 20:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42323 |