Ramadhani, Asiah (2021) Pengembangan Media Video Praktikum IPA Berbasis Pendekatan Saintifik Topik Perpindahan Panas di Kelas V SD. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8176182006 COVER.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
2. NIM. 8176182006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
3. NIM. 8176182006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
4. NIM. 8176182006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
5. NIM. 8176182006 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
6. NIM. 8176182006 TABELS.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
7. NIM. 8176182006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
8. NIM. 8176182006 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 8176182006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (432kB) | Preview
13. NIM. 8176182006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
14. NIM. 8176182006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui proses pengembangan media video
praktikum IPA berbasis pendekatan saintifik yang dilakukan 2) menghasilkan
media video praktikum IPA berbasis pendekatan saintifik topik perpindahan panas
yang layak digunakan, 3) menghasilkan media video praktikum IPA berbasis
pendekatan saintifik topik perpindahan panas yang praktis digunakan,
4) menghasilkan media video praktikum IPA berbasis pendekatan saintifik topik
perpindahan panas yang efektif digunakan dalam meningkatkan hasil belajar
siswa di kelas V SD. Model pengembangan dalam penelitian ini menggunakan
model pengembangan Borg & Gall yang telah diadaptasi menjadi sederhana.
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 064995 Medan. Subjek dari penelitian
ini adalah 30 siswa kelas V SD Negeri 064995 Medan. Hasil penelitian
menunjukkan 1) Validasi ahli materi 4,68 dengan kategori sangat layak, 2)
Validasi ahli media 4,52 dengan kategori sangat layak, 3) Pada uji coba kelompok
kecil 4,13 dengan kategori praktis, 4) Pada uji coba lapangan 4,61 dengan
kategori sangat praktis, 5) Respon siswa terhadap media video praktikum IPA
baik, 6) Keefektifan media video praktikum IPA berbasis pendekatan saintifik
topik perpindahan panas dilihat dari hasil belajar siswa memperoleh nilai 77,6
dengan persentase gain score mencapai 0,63 dengan kategori sedang. Media video
praktikum IPA berbasis pendekatan saintifik topik perpindahan panas layak,
praktis dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.3 Ram p |
Keywords: | Media Video Praktikum IPA; Pendekatan Saintifik; Hasil Belajar; Perpindahan Panas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 27 May 2021 02:25 |
Last Modified: | 27 May 2021 02:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42312 |