Pengembangan Pembelajaran Interaktif Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis dan Self-Efficacy Siswa MAN 1 Medan

Hafni, Maulida (2021) Pengembangan Pembelajaran Interaktif Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis dan Self-Efficacy Siswa MAN 1 Medan. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8176172031 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8176172031 COVER.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8176172031 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8176172031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8176172031 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8176172031 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8176172031 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8176172031 PREFACE.pdf - Published Version

Download (357kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8176172031 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8176172031 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (306kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8176172031 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8176172031 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (422kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8176172031 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8176172031 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (317kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8176172031 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8176172031 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 8176172031 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 8176172031 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (374kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8176172031 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8176172031 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (734kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menemukan pembelajaran interaktif berbasis discovery learning yang valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan kemampuan
representasi matematis dan self-efficacy siswa; 2) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan representasi matematis siswa dengan menggunakan pembelajaran
interaktif berbasis discovery learning; 3) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan self-efficacy siswa dengan menggunakan pembelajaran interaktif berbasis discovery learning. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilakukan dalam dua tahap, yaitu tahap pertama pengembangan pembelajaraninteraktif melalui model pembelajaran discovery learning dengan menggunakan
model pengembangan 4-D Thiagarajan dan tahap kedua mengujicobakan pembelajaran interaktif melalui model pembelajaran discovery learning yang dikembangkan di kelas X IIS 1 dan X IIS 2 MAN 1 Medan. Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: 1) pembelajaran interaktif melalui model pembelajaran
discovery learning yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif ditinjau dari kriteria masing-masing; 2) pencapaian kemampuan representasi matematis siswa menggunakan perangkat pembelajaran berbasis discovery learning meningkat, ditinjau ketuntasan klasikal posttest uji coba I sebesar 68,75% meningkat menjadi 87,50% pada uji coba II; 3) kemampuan self-efficacy siswa menggunakan perangkat pembelajaran berbasis discovery learning meningkat,
ditinjau dari ketuntasan klasikal posttest uji coba I sebesar 68,75% meningkat menjadi 87,50% pada uji coba II; Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar Bagi
peneliti lain yang berminat mengadakan penelitian serupa hendaknya melakukan penelitian pada sekolah lain sehingga akan diperoleh gambaran lebih lanjut mengenai kepraktisan pembelajaran interaktif berbasis discovery learning pada
materi trigonometri.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.72 Haf p
Keywords: Pengembangan pembelajaran interaktif; model 4-D, discovery learning; kemampuan representasi; self-efficacy
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 27 May 2021 00:21
Last Modified: 27 May 2021 00:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42300

Actions (login required)

View Item
View Item