Hafni, Maulida (2021) Pengembangan Pembelajaran Interaktif Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis dan Self-Efficacy Siswa MAN 1 Medan. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8176172031 COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
2. NIM. 8176172031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 8176172031 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
4. NIM. 8176172031 PREFACE.pdf - Published Version
Download (357kB) | Preview
5. NIM. 8176172031 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (306kB) | Preview
6. NIM. 8176172031 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (422kB) | Preview
7. NIM. 8176172031 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
8. NIM. 8176172031 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12. NIM. 8176172031 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (374kB) | Preview
13. NIM. 8176172031 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (734kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menemukan pembelajaran interaktif berbasis discovery learning yang valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan kemampuan
representasi matematis dan self-efficacy siswa; 2) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan representasi matematis siswa dengan menggunakan pembelajaran
interaktif berbasis discovery learning; 3) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan self-efficacy siswa dengan menggunakan pembelajaran interaktif berbasis discovery learning. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilakukan dalam dua tahap, yaitu tahap pertama pengembangan pembelajaraninteraktif melalui model pembelajaran discovery learning dengan menggunakan
model pengembangan 4-D Thiagarajan dan tahap kedua mengujicobakan pembelajaran interaktif melalui model pembelajaran discovery learning yang dikembangkan di kelas X IIS 1 dan X IIS 2 MAN 1 Medan. Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: 1) pembelajaran interaktif melalui model pembelajaran
discovery learning yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif ditinjau dari kriteria masing-masing; 2) pencapaian kemampuan representasi matematis siswa menggunakan perangkat pembelajaran berbasis discovery learning meningkat, ditinjau ketuntasan klasikal posttest uji coba I sebesar 68,75% meningkat menjadi 87,50% pada uji coba II; 3) kemampuan self-efficacy siswa menggunakan perangkat pembelajaran berbasis discovery learning meningkat,
ditinjau dari ketuntasan klasikal posttest uji coba I sebesar 68,75% meningkat menjadi 87,50% pada uji coba II; Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar Bagi
peneliti lain yang berminat mengadakan penelitian serupa hendaknya melakukan penelitian pada sekolah lain sehingga akan diperoleh gambaran lebih lanjut mengenai kepraktisan pembelajaran interaktif berbasis discovery learning pada
materi trigonometri.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.72 Haf p |
Keywords: | Pengembangan pembelajaran interaktif; model 4-D, discovery learning; kemampuan representasi; self-efficacy |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 27 May 2021 00:21 |
Last Modified: | 27 May 2021 00:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42300 |