Tambunan, Dian Rizky Utami (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash CS6 untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial Siswa pada Materi Transformasi Geometri. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8186171006 COVER.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
2. NIM. 8186171006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (649kB) | Preview
3. NIM. 8186171006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (561kB) | Preview
4. NIM. 8186171006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (438kB) | Preview
5. NIM. 8186171006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
6. NIM. 8186171006 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
7. NIM 8186171006 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
8. NIM. 8186171006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (812kB) | Preview
12. NIM. 8186171006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (495kB) | Preview
13. NIM. 8186171006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (615kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan media pembelajaran interaktif
berbasis Adobe Flash CS6 pada materi Transformasi Geometri yang valid, praktis,
dan efektif sehingga dapat meningkatkan kemampuan spasial matematis siswa; 2)
meningkatkan kemampuan spasial matematis siswa dengan pembelajaran
menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash CS6 pada
materi Transformasi Geometri. Penelitian ini merupakan penelitian
pengembangan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini
adalah model ADDIE dengan subjek penelitian 15 orang siswa/i kelas XI IPA 1
dan 15 orang siswa/I XI IPA 2 SMA Swasta Al-Manar Medan. Objek dalam
penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis Adobe Flash CS6 pada materi
Transformasi Geometri. Kevalidan media pembelajaran yang dikembangkan
ditinjau dari analisis hasil validitas media pembelajaran oleh para validator
dengan nilai rata-rata total sebesar 3,64 (kategori ‘Valid’). Sementara itu,
kepraktisan media pembelajaran dilihat dari skor observasi keterlaksanaan
pembelajaran pada uji coba II yaitu sebesar 3,71 (kategori ‘Terlaksana dengan
Baik’). Keefektifan media pembelajaran ditinjau dari empat aspek yaitu
ketuntasan klasikal, skor observasi aktivitas siswa, observasi kemampuan guru
mengelola pembelajaran, dan respon guru dan siswa. Ketuntasan klasikal
kemampuan spasial matematis siswa pada uji coba II sebesar 86,67% (13 siswa).
Rata-rata persentase pencapaian waktu ideal aktivitas siswa pada uji coba II untuk
tiga pertemuan adalah 22,2%, 26,87%, 26,87%, 13,9%, 7,87%, dan 2,32%. Rata�rata skor observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran adalah 3,82
(kategori ‘Baik’) pada uji coba II. Rata-rata respon guru 3,67 (kategori ‘Tertarik’)
pada uji coba II. Rata-rata respon siswa adalah 3,71 (kategori ‘Tertarik’) pada uji
coba II. Berdasarkan indeks gain ternormalisasi, diperoleh bahwa pada uji coba II
terjadi peningkatan nilai dengan kriteria ‘sedang’ dengan skor 0,42 (
). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa
media pembelajaran berbasis Adobe Flash CS6 yang dikembangkan ini valid,
praktis, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan spasial matematis siswa
pada materi Transformasi Geometri.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 516.72 Tam p |
Keywords: | Adobe Flash CS6; Kemampuan Spasial; Pengembangan Media Pembelajaran Matematika; Transformasi Geometri |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 26 May 2021 22:49 |
Last Modified: | 02 Jun 2021 00:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42298 |