Arifin, Monica Chinlie (2021) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Koopertatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Berbantuan Grogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas X MAN 1 Deli Serdang. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8186171002 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM. 8186171002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
3. NIM. 8186171002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
4. NIM. 8186171002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
5. NIM. 8186171002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
6. NIM. 8186171002 TABLES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM. 8186171002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM. 8186171002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (641kB) | Preview
12. NIM. 8186171002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
13. NIM. 8186171002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
Abstract
Keberhasilan proses pembelajaran khususnya pembelajaran matematika di
dalam kelas harus dibarengi dengan ketersediaan perangkat pembelajaran yang
memadai. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran
berbasis model kooperatif tipe STAD berbantuan Geogebra pada materi sistem
persamaan linier dua variabel di kelas X yang valid, praktis, efektif dan untuk
meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian ini
termasuk jenis penelitian pengembangan (research and development) dengan
target sasaran atau subjek penelitian adalah ssiwa kelas X MAN 1 Deli Serdang
yang berjumlah 30 siswa. Data penelitian dikumpulkan melalui lembar validasi,
angket respon guru dan siswa serta tes. Teknik analisis data yang digunakan
adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif serta uji-t.
Hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) perangkat pembelajaran berbasis
model kooperatif tipe STAD berbantuan Geogebra yang dikembangkan telah
memenuhi kriteria valid (layak). Kevalidan (kelayakan) terpenuhi secara kualitatif
berdasarkan penilaian (validasi) validator ahli yang secara keseluruhan rata-rata
dinyatakan valid; (2) perangkat pembelajaran yang dikembangkan juga telah
memenuhi kriteria praktis. Kepraktisan terpenuhi secara kualitatif berdasarkan
hasil keterlaksanaan pembelajaran, analisis angket respon guru dan respon siswa
yang keseluruhan tergolong kategori baik dan praktis; (3) perangkat pembelajaran
yang dikembangkan juga telah memenuhi kriteria efektif. Keefektifan terpenuhi
secara kualitatif berdasarkan persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal
dan persentase respon positif siswa; (4) penggunaan perangkat pembelajaran
berbasis model kooperatif tipe STAD berbantuan Geogebra dapat meningkatkan
kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibuktikan dari hasil
analisis uji-t dengan nilai probabilitas (Sig) sebesar 0,000 < 0,05; dan (5) proses
penyelesaian jawaban siswa dalam menyelesaikan soal kemampuan pemecahan
masalah matematika rata-rata tergolong mampu. Kemampuan penyelesaian
masalah siswa dibuktikan dari analisis proses jawaban siswa pada ujicoba-1
dengan rata-rata persentase kemampuan sebesar 78,2% dan pada ujicoba-2 dengan
rata-rata persentase kemampuan sebesar 82,4%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.72 Ari p |
Keywords: | Perangkat Pembelajaran; STAD; Geogebra, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 26 May 2021 22:36 |
Last Modified: | 26 May 2021 22:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42296 |