Manalu, Herbert C.B (2021) Pengembangan Bahan Ajar Materi Stoikiometri Terintegrasi Multimedia Easy Sketch untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8166142005 COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
2. NIM 8166142005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
3. NIM 8166142005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
4. NIM 8166142005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (353kB) | Preview
5. NIM 8166142005 TABLE OF CONTANT.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
6. NIM 8166142005 TABLES.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
7. NIM 8166142005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
8. NIM 8166142005 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
9. NIM 8166142005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (710kB) | Preview
13. NIM 8166142005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
14. NIM 8166142005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (635kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah bahan ajar materi stoikiometri
yang digunakan di sekolah telah memenuhi standar BSNP; bahan ajar stoikiometri
terintegrasi multimedia easy sketch hasil pengembangan telah memenuhi standar
BSNP; motivasi belajar siswa dengan pengembangan bahan ajar terintegrasi
multimedia easy sketch lebih tinggi daripada motivasi belajar siswa dengan bahan
ajar yang digunakan di sekolah pada pokok bahasan stoikiometri; hasil belajar
siswa dengan pengembangan bahan ajar terintegrasi multimedia easy sketch lebih
tinggi daripada hasil belajar siswa dengan bahan ajar yang digunakan di sekolah
pada pokok bahasan stoikiometri; serta hubungan antara motivasi belajar terhadap
hasil belajar siswa yang diajarkan dengan bahan ajar terintegrasi multimedia easy
sketch pada pokok bahasan stoikiometri. Jenis penelitian ini menggunakan metode
Development Research yang menggunakan pengembangan model ADDIE
(Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluations). Sampel dalam
penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Pangkatan sebanyak 2 kelas
yang berjumlah 60 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) bahan ajar
materi stoikiometri yang digunakan di sekolah telah memenuhi standar BSNP
dengan persentase kelayakan bahan ajar materi stoikiometri yang digunakan di
sekolah sebesar 86,5% dinyatakan kriteria layak dan tidak perlu revisi; 2) Bahan
ajar stoikiometri terintegrasi multimedia easy sketch hasil pengembangan telah
memenuhi standar BSNP. Hasil standarisasi pengembangan bahan ajar
stoikiometri terintegrasi multimedia easy sketch berdasarkan BSNP yang
dilakukan oleh validator ahli diperoleh rata-rata kelayakan sebesar 3,70 dengan
kriteria layak dan tidak perlu revisi. Sedangkan, untuk nilai kelayakan media
pembelajaran oleh ahli IT diperoleh rata-rata kelayakan sebesar 4,48 dengan
kriteria sangat layak; 3) Motivasi belajar siswa dengan pengembangan bahan ajar
terintegrasi multimedia easy sketch lebih tinggi daripada motivasi belajar siswa
dengan bahan ajar yang digunakan di sekolah pada pokok bahasan stoikiometri.
Hasil uji t, diperoleh ttabel < thitung (2,000 < 10,722) dengan nilai Sig.(2-tailed) =
0,000, sehingga disimpulkan Ha diterima; 4) hasil belajar siswa dengan
menggunakan pengembangan bahan ajar terintegrasi multimedia easy sketch lebih
tinggi daripada hasil belajar siswa dengan bahan ajar yang digunakan di sekolah
(ttabel = 2,000 < thitung = 4,467); 5) terdapat hubungan yang signifikan (rhitung =
0,589 ≥ rtabel = 0,361) antara motivasi terhadap hasil belajar peserta didik yang
diajarkan dengan bahan ajar stoikiometri menggunakan media pembelajaran easy
sketch.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 540.72 Man p |
Keywords: | bahan ajar; stoikiometri; easy sketch; hasil belajar; motivasi belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 26 May 2021 20:44 |
Last Modified: | 26 May 2021 20:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42286 |