PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA BINGO PADA MATERI LAJU REAKSI TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA

Manurung, Sofia Andini (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA BINGO PADA MATERI LAJU REAKSI TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1 NIM 4161131037 COVER.pdf]
Preview
Text
1 NIM 4161131037 COVER.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 2 NIM 4161131037 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2 NIM 4161131037 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of 3 NIM 4161131037 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3 NIM 4161131037 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of 4 NIM 4161131037 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4 NIM 4161131037 PREFACE.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[thumbnail of 5 NIM 4161131037 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5 NIM 4161131037 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[thumbnail of 9 NIM 4161131037 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9 NIM 4161131037 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 13 NIM 4161131037 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13 NIM 4161131037 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[thumbnail of 14 NIM 4161131037 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14 NIM 4161131037 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar dan aktivitas siswa yang signifikan atara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning dan media Bingo dengan siswa yang dibelajarkan dengan Problem Based Learning tanpa media Bingo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA MAS Univa Medan yang terdiri dari 2 kelas. Sampel ditentukan dengan purposive sampling, kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Data penelitian diperoleh dengan memberikan pretest dan postest dari 20 pilihan ganda dan angket aktivitas siswa yang telah di validasi. Teknik analisis data yaitu menggunakan uji-t dan pengujian hipotesis untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan aktivitas siswa. Hasil yang diperoleh yaitu ada pengaruh hasil belajar dan aktivitas siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan media Bingo pada materi laju reaksi, serta peningkatan hasil belajar (gain) siswa pada kelas eksperiment sebesar 83% yang lebih tinggi dari kelas kontrol sebesar 62%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2020 KIM 108
Keywords: Problem based learning; Bingo; Laju reaksi; Hasil belajar; Media pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 24 May 2021 21:18
Last Modified: 24 May 2021 21:18
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42258

Actions (login required)

View Item
View Item