PRATIWI, WIDYA (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT(TGT) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA TRUTH OR DARE TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATAPELAJARAN KEARSIPAN KELAS X DI SMK SWASTA HARAPAN STABAT. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7152144017 COVER.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
2. NIM. 7152144017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
3. NIM. 7152144017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
4. NIM. 7152144017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
5. NIM. 7152144017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
6. NIM. 7152144017 TABLES.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
7. NIM. 7152144017 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 7152144017 LIST OF GRAPHIC.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 7152144017 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
10. NIM. 7152144017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (485kB) | Preview
14. NIM. 7152144017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
15. NIM. 7152144017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar mata pelajaran kearsipan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar kearsipan yang diajarkan dengan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Dengan Menggunakan Media Truth Or Dare lebih tinggi dibanding hasil belajar kearsipan yang diajarkan dengan metode pembelajaran konvensional siswa kelas X OTKP SMK Swasta Harapan Stabat.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Harapan Stabat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X OTKP SMK Swasta Harapan Stabat yang berjumlah 104 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Tes tersebut berupa pilihan ganda sebanyak 20 soal. Sebelum tes ini
diberikan pada sampel sesungguhnya, maka tes ini diujicobakan terlebih dahulu untuk melihat tingkat validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran soal. Teknik analisa data yang digunakan yaitu menentukan rata-rata hitung, standard deviasi, uji normalitas, uji homogenitas dan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t.
Dari hasil analisis data kelas eksperimen nilai rata-rata pre-test dan posttest yaitu, 53 dan 88. Sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata pre-test dan post-test yaitu, 47 dan 69. Pengujian hipotesis dari hasil post-test yang dilakukan diperoleh thitung > ttabel atau 8,144 > 1,994. Melalui kriteria pengujian, hipotesis diterima. Dapat disimpulkan hasil belajar kearsipan yang diajar dengan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Dengan Menggunakan Media Truth Or Dare lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar kearsipan
yang diajar dengan Metode Pembelajaran Konvensional pada siswa kelas X Di SMK Swasta Harapan Stabat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT), Model Pembelajaran Konvensional, Media Pembelajaran Truth Or Dare, Hasil Belajar kearsipan. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 27 May 2021 00:19 |
Last Modified: | 27 May 2021 00:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42233 |