PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN DI SMK N 6 MEDAN T.P 2018/2019

LUBIS, WANDI (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN DI SMK N 6 MEDAN T.P 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM 7133141117 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 7133141117 COVER.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 7133141117 PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM 7133141117 PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 7133141117 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
3. NIM 7133141117 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 713314117 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4. NIM 713314117 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 7133141117 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM 7133141117 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 7133141117 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM 7133141117 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 7133141117 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
7. NIM 7133141117 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 7133141117 BAB I.pdf]
Preview
Text
8. NIM 7133141117 BAB I.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 7133141117 BAB V.pdf]
Preview
Text
12. NIM 7133141117 BAB V.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 7133141117 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
13. NIM 7133141117 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar kearsipan siswa kelas X SMK N 6 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Model Student
Team Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kearsipan Di SMK N 6 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019”.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK N 6 Medan, yang beralamat di jln. Jambi No. 23 Medan, Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Administrasi Perkantoran (AP) yang terdiri dari 2 kelas jumlah 72 orang. Teknik pengambilan sampel penelitian ini adalah Random total sampling sebagai kelas eksperimen 1 kelas X AP1 dan ekperimen 2 kelas X AP2. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa berbentuk tes pilihan berganda sebanyak 20 soal. Test dilakukan sebanyak dua kali yaitu di awal (pretest) dan di akhir (posttest) penelitian. Sebelum test diberikan kepada sampel penelitian, maka test di uji coba terlebih dahulu sebanyak 20 soal. Hal ini dilakukan untuk menguji validitas, reliabilitas, daya pembeda soal dan tingkat kesukaran soal.
Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata pretest siswa kelas X AP 1 32,63 dengan Standar Deviasi 12,68 dan nilai rata-rata postest siswa setelah menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning = 78,19 dengan standar deviasi 28,45. Sedangkan nilai rata-rata pretest siswa kelas X AP 2 47,36 dengan Standar Deviasi 9,67 dan nilai rata-rata postest siswa setelah
menggunakan menggunakan model Student Team Achievement Division = 69,58 dengan standar deviasi 13,27. Dari analisis data yang diperoleh bahwa hasil belajar berdistribusi normal (Lhitung< Ltabel) dan homogen Fhitung > Ftabel. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t dan diperoleh thitung > ttabel (3,805 > 1,668), yang berarti hipotesis diterima pada taraf signifikan 95% atau α = 0,05 dengan dk = n+n -2 = 70.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Hasil Belajar Siswa yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi dibandingkan Hasil Belajar Siswa yang diajarkan dengan Model Student Team
Achievement Division Pada mata pelajaran Kearsipan di kelas X AP SMK N 6 Medan T.P 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model pembelajaran Problem Based Learning, Model pembelajaran Student Team Achievement Division, Hasil Belajar Kearsipan.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 25 May 2021 01:43
Last Modified: 25 May 2021 01:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42225

Actions (login required)

View Item
View Item