LUBIS, WANDI (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN DI SMK N 6 MEDAN T.P 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7133141117 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM 7133141117 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
3. NIM 7133141117 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
4. NIM 713314117 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
5. NIM 7133141117 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
6. NIM 7133141117 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
7. NIM 7133141117 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
8. NIM 7133141117 BAB I.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
12. NIM 7133141117 BAB V.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
13. NIM 7133141117 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar kearsipan siswa kelas X SMK N 6 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Model Student
Team Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kearsipan Di SMK N 6 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019”.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK N 6 Medan, yang beralamat di jln. Jambi No. 23 Medan, Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Administrasi Perkantoran (AP) yang terdiri dari 2 kelas jumlah 72 orang. Teknik pengambilan sampel penelitian ini adalah Random total sampling sebagai kelas eksperimen 1 kelas X AP1 dan ekperimen 2 kelas X AP2. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa berbentuk tes pilihan berganda sebanyak 20 soal. Test dilakukan sebanyak dua kali yaitu di awal (pretest) dan di akhir (posttest) penelitian. Sebelum test diberikan kepada sampel penelitian, maka test di uji coba terlebih dahulu sebanyak 20 soal. Hal ini dilakukan untuk menguji validitas, reliabilitas, daya pembeda soal dan tingkat kesukaran soal.
Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata pretest siswa kelas X AP 1 32,63 dengan Standar Deviasi 12,68 dan nilai rata-rata postest siswa setelah menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning = 78,19 dengan standar deviasi 28,45. Sedangkan nilai rata-rata pretest siswa kelas X AP 2 47,36 dengan Standar Deviasi 9,67 dan nilai rata-rata postest siswa setelah
menggunakan menggunakan model Student Team Achievement Division = 69,58 dengan standar deviasi 13,27. Dari analisis data yang diperoleh bahwa hasil belajar berdistribusi normal (Lhitung< Ltabel) dan homogen Fhitung > Ftabel. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t dan diperoleh thitung > ttabel (3,805 > 1,668), yang berarti hipotesis diterima pada taraf signifikan 95% atau α = 0,05 dengan dk = n+n -2 = 70.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Hasil Belajar Siswa yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi dibandingkan Hasil Belajar Siswa yang diajarkan dengan Model Student Team
Achievement Division Pada mata pelajaran Kearsipan di kelas X AP SMK N 6 Medan T.P 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model pembelajaran Problem Based Learning, Model pembelajaran Student Team Achievement Division, Hasil Belajar Kearsipan. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 25 May 2021 01:43 |
Last Modified: | 25 May 2021 01:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42225 |