ANALISIS PBL DENGAN DL MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TERMOKIMIA DI SMA NEGERI 10 MEDAN

Harahap, Muhammad Fadli (2020) ANALISIS PBL DENGAN DL MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TERMOKIMIA DI SMA NEGERI 10 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM  4163331018 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4163331018 COVER.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4163331018 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4163331018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (300kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4163331018 ABSTRACT.pdf.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4163331018 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4163331018 PREFACE.pdf.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4163331018 PREFACE.pdf.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4163331018 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4163331018 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4163331018 CHAPTER I.pdf.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4163331018 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version

Download (287kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4163331018 CHAPTER V.pdf.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4163331018 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4163331018 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4163331018 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui apakah nilai rata-rata hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model PBL dan DL lebih besar daripada nilai KKM (2) Untuk mengetahui apakah interaksi kelas PBL dengan DL dan motivasi belajar terhadap nilai hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian One-Group pretest-posttest Design. Teknik analisis yang digunakan adalah (1) uji one sample t-test (2) Anava Two Way dengan bantuan SPSS 20. Dari hasil analisa data hasil belajar diperoleh (1) perbedaan hasil belajar siswa (80,47 ± 8,363) yang diajarkan dengan menerapkan model Problem Based Learning menggunakan macromedia flash dan hasil belajar siswa (78,269 ± 9,994) yang diajarkan dengan menerapkan model Discovery Learning menggunakan macromedia flash dimana diperoleh uji t sebesar 1,684. (2) Terdapat terdapat interaksi kelas PBL dengan DL dan motivasi terhadap nilai hasil belajar siswa. Analisis interaksi diperoleh faktor A memiliki harga Fhit sebesar 6,235 > Ftabel 4,00 dan nilai sig 0,015 < 0,05 berarti faktor A nyata; faktor B memiliki harga Fhit sebesar 0,025 < Ftabel 4,00 dan nilai sig 0,975 > 0,05 berarti faktor B tidak nyata; hasil interaksi faktor AB memiliki harga Fhit sebesar 3,860> Ftabel 3,45 dan nilai sig 0,027 < 0,05 berarti faktor AB nyata.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2020 KIM 100
Keywords: Problem based learning; Discovery learning; Macromedia flash; Hasil belajar; Motivasi belajar; Termokimia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 May 2021 00:41
Last Modified: 21 May 2021 00:41
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42206

Actions (login required)

View Item
View Item