Perbedaan Peningkatan Kemampuan Komuniaksi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Media Virtual Manipulative dan Physical Manipulative di SMP Plus Jabal Rahmah Mulia Medan

Rizki M., Evridya (2020) Perbedaan Peningkatan Kemampuan Komuniaksi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Media Virtual Manipulative dan Physical Manipulative di SMP Plus Jabal Rahmah Mulia Medan. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8156172061 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8156172061 COVER.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8156172061 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8156172061 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (318kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8156172061 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8156172061 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8156172061 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8156172061 PREFACE.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8156172061 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8156172061 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8156172061 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8156172061 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8156172061 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8156172061 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8156172061 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8156172061 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (685kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 8156172061 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 8156172061 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8156172061 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8156172061 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) Apakah terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang belajar dengan bantuan media belajar virtual manipulative dan physical manipulative melalui pembelajaran berbasis proyek?, (2) Apakah terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang belajar dengan bantuan media belajar virtual manipulative dan physical manipulative melalui pembelajaran berbasis proyek?, (3) Bagaimana proses penyelesaian masalah kemampuan kominukasi matematis oleh siswa kelas VII SMP Plus Jabal Rahmah Mulia Medan?, dan, (4) Bagaimana proses penyelesaian masalah kemampuan pemecahan masalah matematis oleh siswa kelas VII SMP Plus Jabal Rahmah Mulia Medan?. Jenis penelitian ini adalah eksperiment semu. Populasi penelitian in adalah seluruh siswa SMP Kelas VIII di kota Medan. Kemudian dipilih sebanyak dua kelas VIII di SMP Plus Jabal Rahmah Mulia Medan sebagai sample dari penelitian. Kedua kelas ekperimen diberikan model pembelajran berbasis proyek, kelas eksperiment pertama berbantuan media Virtual Manipulative sedangkan kelas eksperimen kedua berbantuan media Physical Manipulative. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan komunikasi dan tes kemampuan pemecahan masalah. Analisis data yang dilakukan menggunakan ANACOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi siswa yang menggunakan media virtual manipulative dengan siswa yang menggunakan media belajar physical manipulative, (2) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan media virtual manipulative dengan siswa yang menggunakan media belajar physical manipulative, (3) Perhitungan persentase hasil skor total rata-rata untuk kemampuan pemecahan masalah 57% dengan media belajar Virtual Manipulative, (4) Perhitungan persentase hasil skor total rata-rata untuk kemampuan komiunikasi matematis 74,4% dengan media belajar Virtual Manipulative.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.72 Riz p
Keywords: Pembelajaran Berbasis Proyek; Virtual Manipulative; Physical Manipulative; Kemampuan Pemecahan Masalah; Kemampuan Komunikasi Matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 19 May 2021 19:48
Last Modified: 19 May 2021 19:48
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42172

Actions (login required)

View Item
View Item