Rizki M., Evridya (2020) Perbedaan Peningkatan Kemampuan Komuniaksi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Media Virtual Manipulative dan Physical Manipulative di SMP Plus Jabal Rahmah Mulia Medan. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156172061 COVER.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
2. NIM. 8156172061 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
3. NIM. 8156172061 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
4. NIM. 8156172061 PREFACE.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
5. NIM. 8156172061 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
6. NIM. 8156172061 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
7. NIM. 8156172061 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
8. NIM. 8156172061 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (685kB) | Preview
12. NIM. 8156172061 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
13. NIM. 8156172061 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) Apakah terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang belajar dengan bantuan media belajar virtual manipulative dan physical manipulative melalui pembelajaran berbasis proyek?, (2) Apakah terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang belajar dengan bantuan media belajar virtual manipulative dan physical manipulative melalui pembelajaran berbasis proyek?, (3) Bagaimana proses penyelesaian masalah kemampuan kominukasi matematis oleh siswa kelas VII SMP Plus Jabal Rahmah Mulia Medan?, dan, (4) Bagaimana proses penyelesaian masalah kemampuan pemecahan masalah matematis oleh siswa kelas VII SMP Plus Jabal Rahmah Mulia Medan?. Jenis penelitian ini adalah eksperiment semu. Populasi penelitian in adalah seluruh siswa SMP Kelas VIII di kota Medan. Kemudian dipilih sebanyak dua kelas VIII di SMP Plus Jabal Rahmah Mulia Medan sebagai sample dari penelitian. Kedua kelas ekperimen diberikan model pembelajran berbasis proyek, kelas eksperiment pertama berbantuan media Virtual Manipulative sedangkan kelas eksperimen kedua berbantuan media Physical Manipulative. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan komunikasi dan tes kemampuan pemecahan masalah. Analisis data yang dilakukan menggunakan ANACOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi siswa yang menggunakan media virtual manipulative dengan siswa yang menggunakan media belajar physical manipulative, (2) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan media virtual manipulative dengan siswa yang menggunakan media belajar physical manipulative, (3) Perhitungan persentase hasil skor total rata-rata untuk kemampuan pemecahan masalah 57% dengan media belajar Virtual Manipulative, (4) Perhitungan persentase hasil skor total rata-rata untuk kemampuan komiunikasi matematis 74,4% dengan media belajar Virtual Manipulative.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.72 Riz p |
Keywords: | Pembelajaran Berbasis Proyek; Virtual Manipulative; Physical Manipulative; Kemampuan Pemecahan Masalah; Kemampuan Komunikasi Matematis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 19 May 2021 19:48 |
Last Modified: | 19 May 2021 19:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42172 |