Wartika, Sri (2021) Pengembangan Modul Pembelajaran Sistem Koloid Terintegrasi Model Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8166142012 COVER.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
2. NIM. 8166142012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (609kB) | Preview
3. NIM. 8166142012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
4. NIM. 8166142012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
5. NIM. 8166142012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
6. NIM. 8166142012 TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 8166142012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 8166142012 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 8166142012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (380kB) | Preview
13. NIM. 8166142012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
14. NIM. 8166142012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian untuk menganalisis bahan ajar kimia SMA penerbit YW
semester II kelas XI kurikulum 2013 revisi 2016 sesuai BSNP, mengetahui
apakah modul kimia sistem koloid terintegrasi model PjBL hasil pengembangan
valid dan dapat digunakan sesuai standar BSNP, mengetahui peningkatan hasil
belajar siswa menggunakan bahan ajar penerbit YW dan modul kimia hasil
pengembangan dan mengetahui respon siswa menggunakan modul hasil
pengembangan. Jenis Penelitian adalah penelitian pengembangan dan eksperimen.
Penelitian dilakukan pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sunggal dan SMA
Swasta Muhammadiyah 18 Sunggal Tahun Pelajaran 2018/2019 semester genap.
Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan modul
hasil pengembangan, maka data diuji menggunakan independent sample T-tes
dengan program SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil analisis
bahan ajar kimia SMA penerbit YW semester II kelas XI kurikulum 2013 revisi
2016 sesuai dengan BSNP dengan kategori valid dan tidak perlu direvisi;(2)
modul kimia sistem koloid terintegrasi model PjBL hasil pengembangan telah
valid dan dapat digunakan sesuai standar BSNP dengan kategori sangat valid dan
tidak perlu direvisi;(3) hasil belajar siswa menggunakan bahan ajar kimia SMA
penerbit YW memperoleh peningkatan hasil belajar dengan kategori sedang dan
siswa dengan modul kimia sistem koloid terintegrasi model PjBL hasil
pengembangan memperoleh peningkatan hasil belajar dengan kategori tinggi;(4)
respon siswa setelah menggunakan modul kimia sistem koloid terintegrasi model
PjBL hasil pengembangan tergolong sangat baik dengan nilai persentase rata-rata
94,65 %.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 541.360 72 War p |
Keywords: | modul kimia; sistem koloid; Project Based Learning (PjBL) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 18 May 2021 03:25 |
Last Modified: | 18 May 2021 03:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42153 |