Purba, Bambang Enra Priando (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE TERINTEGRASI STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRY PADA PEMBELAJARAN KIMIA SMA MATERI TERMOKIMIA. Masters thesis, UNIMED.
1. 8156142021 COVER.pdf - Published Version
Download (365kB) | Preview
2. 8156142021 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. 8156142021 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (334kB) | Preview
4. 8156142021 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
5. 8156142021 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (435kB) | Preview
6. 8156142021 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
7. 8156142021 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
8. 8156142021 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
9. 8156142021 BAB I.pdf - Published Version
Download (472kB) | Preview
13. 8156142021 BAB V.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
14. 8156142021 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (458kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran Website. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilan produk berupa media pembelajaran website pada materi Termokimia yang telah dikembangkan serta pengaruhnya terhadap hasil dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan analisis terhadap beberapa Website pembelajaran Termokimia dengan rating yang baik oleh 15 orang guru yang mengajar Kimia di Kabupaten Serdang Bedagai. Dari analilis tersebut diperoleh rata-rata hitung untuk Website A adalah 3,64 dan Website B adalah 3,83, dengan keterangan cukup valid namun masih memerlukan perbaikan dalam penyajiannya. Hasil analisis tersebut menjadi titik acuan dalam pengembangan media pembelajaran Website. Website yang telah dikembangkan dianalisis sesuai dengan standar BSNP oleh 2 orang ahli pembelajaran IT dengan hasil rata-rata hitung adalah 4,76 dengan kriteria sangat valid. Selain itu, oleh 15 orang guru di dapat nilai rata-rata hitung sebesar 4,74 dengan kriteria sangat valid. Uji coba terbatas terhadap hasil belajar siswa dianalisis menggunakan independent t-test, dengan nilai t-hitung > t-tabel (3,89 > 1,70), yang berarti dengan implementasi media website terintegrasi strategi pembelajaran inquiry lebih tinggi dari KKM sekolah pada taraf signifikansi 0,05. Peningkatan hasil belajar Termokimia siswa juga meningkat sebesar 68,35% dengan kategori sedang. Motivasi belajar siswa telah meningkat sebesar 80,00% dengan kategori Tinggi pada implementasi media pembelajaran Website terintegrasi strategi pembelajaran Inquiry pada pembelajaran Kimia Materi Termikimia.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 541.360 72 Pur p |
Keywords: | Media Pembelajaran Web; Penelitian dan Pengembangan; Termokimia; Inquiry Learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 18 May 2021 02:25 |
Last Modified: | 18 May 2021 02:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42143 |