Daulay, Muhammad Iqbal (2021) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS COMPUTER-BASED INSTRUCTION PADA MATA PELAJARAN JARINGAN TRANSMISI TENAGA LISTRIK SISWA SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8166122016 COVER.pdf - Published Version
Download (402kB) | Preview
2. NIM 8166122016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (489kB) | Preview
3. NIM 8166122016 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
4. NIM 8166122016 PREFACE.pdf - Published Version
Download (375kB) | Preview
5. NIM 8166122016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
6. NIM 8166122016 TABLES.pdf - Published Version
Download (403kB) | Preview
7. NIM 8166122016 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
8. NIM 8166122016 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (746kB) | Preview
12. NIM 8166122016 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (495kB) | Preview
13. NIM 8166122016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (456kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari masalah keterbatasan fasilitas peralatan pembelajaran praktek mata pelajaran jaringan transmisi tenaga listrik siswa jurusan Teknik Jaringan Tenaga Listrik program studi keahlian Teknik Ketenagalistrikan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan dengan sistem pembelajaran yang belum sesuai dan kerjasama dengan dunia usaha/ industri yang belum memadai serta memerlukan biaya praktik yang tidak sedikit. Studi ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan secara sistematis model pembelajaran berbasis CBI pada mata pelajaran jaringan transmisi tenaga listrik siswa SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan, (2) untuk mengetahui keefektifan pengembangan model pembelajaran berbasis CBI pada mata pelajaran jaringan transmisi tenaga listrik siswa SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan, (3) untuk melihat motivasi siswa SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan dengan pengembangan model pembelajaran berbasis CBI pada mata pelajaran jaringan transmisi tenaga listrik siswa SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan produk Borg and Gall yang dipadu dengan model pembelajaran Dick and Carey. Model pengembangan produk pembelajaran ini merupakan model yang tersusun secara terprogram dan sistematis sesuai dengan desain pengembangan Alessi & Trollip. Model meliputi lima tahapan, yakni: (1) melakukan penelitian pendahuluan, (2) pengumpulan bahan, (3) membuat desain software, (4) membuat dan memproduksi software, (5) review dan uji coba produk. Subjek uji coba produk dalam penelitian ini terdiri dari: 2 (dua) ahli desain pembelajaran, 2 (dua) ahli konten/ materi, 2 (dua) ahli konstruksi rekayasa perangkat lunak, 3 (tiga) siswa kelas XI jurusan Teknik Jaringan Tenaga Listrik program studi keahlian Teknik Ketenagalistrikan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan untuk uji coba perorangan, 9 (sembilan) siswa kelas XI jurusan Teknik Jaringan Tenaga Listrik program studi keahlian Teknik Ketenagalistrikan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) validasi ahli desain pembelajaran secara keseluruhan menunjukkan nilai rata-rata 3,97 kategori layak, (2) validasi ahli konten/ materi secara keseluruhan menunjukkan nilai rata-rata 4,32 kategori sangat layak, (3) validasi ahli konstruksi rekayasa perangkat lunak secara keseluruhan menunjukkan nilai rata-rata 4,38 kategori sangat layak, (4) uji coba perorangan secara keseluruhan menunjukkan nilai rata-rata 3,97 kategori layak, (5) uji coba kelompok kecil secara keseluruhan menunjukkkan nilai rata-rata 3,56 kategori layak. Hasil validasi produk pengembangan model pembelajaran berbasis CBI pada mata pelajaran jaringan transmisi tenaga listrik siswa SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan jurusan Teknik Jaringan Tenaga Listrik program studi keahlian Teknik Ketenagalistrikan untuk peningkatan hasil proses pembelajaran menunjukkan kelayakan untuk dikembangkan.