Akbar, Ahmad (2014) HUBUNGAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KINERJA GURU DENGAN KEEFEKTIFAN SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN BATUBARA. Masters thesis, UNIMED.
1. 8106131023 Judul.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
2. 8106131023 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
3. 8106131023 Abstrak.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
4. 8106131023 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
5. 8106131023 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
6. 8106131023 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
7. 8106131023 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
8. 8106131023 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
9. 8106131023 Bab I.pdf - Published Version
Download (387kB) | Preview
10. 8106131023 Bab V.pdf - Published Version
Download (426kB) | Preview
11. 8106131023 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara : (1) kepemimpinan kepala sekolah dengan keefektifan sekolah, (2) kinerja guru dengan keefektifan sekolah, (3) kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru dengan keefektifan sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini adalah Sekolah Dasar Negeri yang ada di Kabupaten Batu Bara sejumlah 230. Sampel ditentukan melalui teknik cluster proforsional random sampling dan diperoleh sampel sebesar 54% atau sejumlah 125 Sekolah Dasar Negeri. Responden penelitian adalah kepala sekolah dan guru untuk setiap sampel penelitian. Instrumen penelitian disusun berupa kuesioner dengan skala Likert yang dimodivikasi dengan 4 pilihan jawaban. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis korelasi dan regresi. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu : (1) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah dengan keefektifan sekolah dengan koefisien korelasi sebesar 0,587, dengan sumbangan efektif yang diberikan kepemimpinan kepala sekolah terhadap keefektifan sekolah sebesar 29,59%. (2) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara kinerja guru dengan keefektifan sekolah dengan koefisien korelasi sebesar 0,438, dengan sumbangan efektif yang diberikan kinerja guru terhadap keefektifan sekolah sebesar 12,62%. (3) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru secara bersama-sama dengan keefektifan sekolah dengan koefisien korelasi sebesar 0,649. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan : (1) kepala sekolah hendaknya terus berusaha secara maksimal untuk meningkatkan kemampuan kepemimpinannya sebagai kepala sekolah, (2) guru-guru hendaknya terus berusaha secara maksimal untuk meningkatkan kinerjanya, (3) Dinas Pendidikan kabupaten Batu Bara dan pihak lain yang berkepentingan dengan pendidikan di kabupaten Batu Bara hendaknya dapat menyediakan program-program pengembangan kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru, serta melakukan pengawasan dengan baik terhadap kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru, (4) peneliti lain hendaknya menindaklanjuti penelitian ini dengan melakukan penelitian pada variabel yang sama ataupun berbeda.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 658.312 Akb h |
Keywords: | Kinerja; Kepala skeolah; Kepemimpinan; Guru; Sekolah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 12 May 2016 18:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4214 |