Efrina (2020) Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Deskripsi Berbasis Kearifan Lokal Pulau Rakyat Pada Siswa Kelas VII SMP Swasta Swadaya Pulau Rakyat. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8166192006 COVER.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
2. NIM. 8166192006 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (616kB) | Preview
3. NIM. 8166192006 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
4. NIM. 8166192006 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
5. NIM. 8166192006 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
6. NIM. 8166192006 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
7. NIM. 8166192006 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8 NIM. 8166192006 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
9. NIM. 8166192006 BAB I.pdf - Published Version
Download (552kB) | Preview
13. NIM. 8166192006 BAB V.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
14. NIM. 8166192006 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) proses pengembangan bahan ajar menulis teks
deskripsi berbasis kearifan lokal Pulau Rakyat pada siswa kelas VII SMP swasta Swadaya Pulau Rakyat, (2) terpenuhinya validasi para ahli terhadap bahan ajar menulis teks deskripsi berbasis kearifan lokal Pulau Rakyat pada siswa kelas VII SMP swasta Swadaya Pulau Rakyat, dan (3) Efektivitas bahan ajar menulis teks deskripsi berbasis kearifan lokal Pulau Rakyat pada siswa kelas VII SMP swasta Swadaya Pulau Rakyat yang dikembangkan.
Sampel penelitian ini dilakukan terhadap 44 siswa kelas VII SMP swasta Swadaya Pulau Rakyat. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) proses pengembangan bahan ajar menulis teks deskripsi berbasis kearifan lokal Pulau Rakyat sangat relevan dengan kebutuhan belajar siswa. Bahan ajar yang dikembangkan telah disesuaikan dengan kebutuhan siswa, bahan ajar ini juga disajikan dengan masalah yang kontekstual sesuai tingkat SMP (dikaitkan dengan wawasan dan kehidupan siswa) dan bahan ajar yang disusun telah sesuai dengan silabus pembelajaran bahasa Indonesia kurikulum 2013. (2) Validasi materi oleh ahli materi meliputi kelayakan isi dengan rata-rata 72% pada kriteria baik, kelayakan penyajian dengan rata-rata
76% pada kriteria baik, dan kelayakan bahasa dengan rata-rata 78% pada kriteria baik, dan validasi ahli desain meliputi kelayakan kegrafikan bahan ajar dengan rata-rata 80% pada kriteria baik, yang menyatakan bahwa bahan ajar tersebut layak digunakan, kemudian diujikan pada uji perorangan, uji kelompok kecil dan uji lapangan terbatas pada 32 siswa kelas VII SMP swasta Swadaya Pulau Rakyat. (3) Hasil Pretest sebelum menggunakan bahan ajar menulis teks deskripsi berbasis kearifan lokal Pulau Rakyat diperoleh skor rata-rata sebesar 69,5 dengan kategori cukup. Sedangkan Efektivitas bahan ajar setelah menggunakan bahan ajar menulis teks deskripsi berbasis kearifan lokal Pulau Rakyat diperoleh skor rata- rata adalah 77,3 dengan kategori baik. Nilai tersebut menunjukkan adanya peningkatan secara signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan selisih 7,8.
Penelitian ini memiliki implikasi untuk siswa yaitu dapat meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi berbasis kearifan lokal Pulau Rakyat, menuntut siswa untuk aktif berpikir, berkreasi dan mampu menanamkan nilai-nilai kearifan lokal dalam proses pembelajaran dan kehidupan sehari-hari. Kemudian untuk guru, yaitu dapat mengevaluasi kelebihan dan kekurangan proses pembelajaran, sehingga guru dapat menentukan metode yang tepat untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas untuk mencapai kompetensi yang ingin dicapai
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 410.72 Efr p |
Keywords: | Teks; Deskripsi; Bahan Ajar; Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P121 Science of language (Linguistics) P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P301 Style. Composition. Rhetoric |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 17 May 2021 19:48 |
Last Modified: | 17 May 2021 19:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42133 |