Mahrani, Yuyun (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Berbasis Kolaboratif dan Keterampilan Proses Sains Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD N 060818 Kecamatan Medan Kota. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8166182056 COVER.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
2. NIM. 8166182056 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
3. NIM. 8166182056 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
4. NIM. 8166182056 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
5. NIM. 8166182056 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
6. NIM. 8166182056 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 8166182056 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 8166182056 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 8166182056 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (453kB) | Preview
13. NIM. 8166182056 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
14. NIM. 8166182056 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk manganalisis: (1) Pengaruh model pembelajaran kooperatif berbasis kolaboratif terhadap hasil belajar IPA siswa pada tema siklus air; (2) Pengaruh keterampilan proses sains terhadap hasil belajar IPA siswa, dan; (3) Interaksi antara model pembelajaran kooperatif dan keterampilan proses sains terhadap hasil belajar IPA siswa. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Experiment dengan menerapkan perlakuan (treatment) model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick berbasis kolaboratif pada kelas eksperimen (VA) dan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture pada kelas kontrol (VB) yang masing-masing terdiri dari 20 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar, tes keterampilan proses sains dan lembar observasi yang telah divalidasi. Hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan uji ANAVA dua jalur (2x2 factorial ANAVA) yang menunjukkan bahwa: 1) Hasil belajar IPA siswa yang diajarkan dengan model kooperatif tipe Talking Stick berbasis kolaboratif lebih baik secara signifikan daripada model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture dengan Fhitung = 3,308 yang lebih besar dari nilai Ftabel = 3,25 dan signifikansi 0,015 lebih kecil dari 0,05; 2) Hasil belajar IPA antara siswa yang memiliki keterampilan proses sains tinggi lebih baik secara signifikan daripada hasil belajar IPA siswa yang memiliki keterampilan proses sains rendah dengan Fhitung = 5,106 yang lebih besar dari nilai Ftabel = 3,25 dan signifikansi 0,047 yang lebih kecil dari 0,05 dan; 3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif dan keterampilan proses sains terhadap hasil belajar IPA siswa dengan Fhitung = 3,999 yang lebih besar dari nilai Ftabel = 3,25 dan signifikansi 0,035 yang lebih kecil dari 0,05.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.3 Mah p |
Keywords: | hasil belajar; keterampilan proses sains; talking stick berbasis kolaboratif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 16 May 2021 20:03 |
Last Modified: | 16 May 2021 20:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42105 |