Fahlevi, Kamal (2021) Perbedaan Pengaruh Pendekatan Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Bilangan Pecahan Siswa Kelas Iv Sd It Tazkia, Langsa. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8176182024 COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
2. NIM. 8176182024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
3. NIM. 8176182024 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
4. NIM. 8176182024 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
5. NIM. 8176182024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. NIM. 8176182024 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 8176182024 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
8. NIM. 8176182024 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM. 8176182024 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (575kB) | Preview
13. NIM. 8176182024 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
14. NIM. 8176182024 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (358kB) | Preview
Abstract
Pada pembelajaran matematika penentuan pendekatan sangat menentukan hasil belajar siswa, dikarenakan mata pelajaran matematika dinilai bagi siswa merupakan mata pelajaran cukup sulit, penilaian ini muncul diakibatkan ketidaknyamanan dialami oleh siswa selama proses belajar dikelas. Ketidaknyamanan ini bisa muncul dari berbagai hal, salah satunya adalah ketika guru salah didalam pengguanaan pendekatan belajar. Didalam penelitian ini peneliti sengaja menggunakan pendekatan matematika realistic, peneliti menilai pendekatan ini lebih relevan diimplementasikan dalam kegitan pembelajaran khususnya pada pembelajaran matematika. Maka, untuk memahami hal ini bagi siswa amatlah sulit apabila konsep matematika ini disampaikan hanya secara ekspositori saja. Penelitian di bertujuan untuk melihat perbedaan dari PMR dengan PMP yang dtinjau melalui gaya belajar Diharapkan dengan penerapan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) berbasis permainan Math App dalam menjembatani pemikiran pemahaman siswa terhadap konsep pemateri pecahan itu sendiri. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode eksperimen dengan analisis uji ANAVA dua jalur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar melalui pendekatan PMR dan PMR berbasis permainan Math App ditinjau dari gaya belajar siswa. Penelitian dilakukan di SD IT Tadzkia Langsa dengan jumlah keseluruhan sampel sebanyak 34 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan pembagian angket gaya belajar serta dengan melakukan tes (pre test dan post tes). Penelitian ini mendapatkan hasil bahwa pada siswa gaya belajar knitestetik didapat terdapat perbedaan hasil belajar dengan taraf signifikansi 0,029 sedangkan pada gaya belajar audio dan visual tidak ditemukanya perbedaan signifikan dengan taraf signifikasi berturut-turut sebesar 0,488 dan 0,589 kemudaian ditemukan perbedaan belajar pada pembelajaran PMR dengan PMR berbasis permainan Math App berdasarkan nilai signifikan 0,041 < 0,05. Sedangkan pada bagian interaksi antara pendekatan gaya belajar dan gaya belajar didapati bahwasanya terdapat interaksi antara pendekatan gaya belajar dan gaya belajar dengan nilai signifikan 0,018 < 0,05.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.7 Fah p |
Keywords: | PMR;PMR berbasis permainan Math App; gaya belajar; hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 09 May 2021 23:36 |
Last Modified: | 09 May 2021 23:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42082 |