Ritonga, Rizky Hasan Azhari (2021) Pengembangan media pembelajaran instruksional atletik berbasis aplikasi android studio dan adobe animete tahun 2020. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8166118019 COVER.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
2. NIM. 8166118019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (496kB) | Preview
3. NIM. 8166118019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
4. NIM. 8166118019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
5. NIM. 8166118019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
6. NIM. 8166118019 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 8166118019 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
8. NIM. 8166118019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (516kB) | Preview
12. NIM. 8166118019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
13. NIM. 8166118019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SMP N1 Siabu Mandailing Natal. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2020. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development yang menggunakan model pengembangan Borg dan Gall. Dalam penelitian ini teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik probability sampling. “probability sampling” adalah salah satu teknik pengambilan sampel yang bemberikan peluang yang sama bagi setiap unsur ( angota) populasi untuk dipilih menjadi anggota sampel maka pengambilan sampel secara acak atau random dari populasi yang ada. Sample dalam penelitian ini berjumlah kepada 35 siswa kelas VII. Tujuan untuk mengembangkan media pembelajaran dengan materi atletik khususnya cabang tolak peluru dan lempar lembing berbasis android studio and adobe animate untuk siswa SMP kelas VII.
Hasil penelitian ini diproleh : 1. Terciptanya produk Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran Instraksional Atletik Berbasi Android Studio dan Adobe animate untuk siswa SMP N1 kelas VII ; 2. Kelayakan telah teruji dengan baik dari segi materi, media maupun dari faktor usability dengan katagori “ Sangat Layak” pada masing- masing tahap pengujian. Hasil pengujian validasi ahli : 1. Nilai validasi Ahli Materi sebesar 82,67% berada pada rentang > 81% sehingga masuk dalam katagori “Sangat Layak”; 2. Nilai validasi Ahli Media sebesar 85,00% berada pada rentang > 81% sehingga masuk dalam katagori “Sangat Layak”; 3. Nilai validasi Ahli pembelajaran sebesar 81,00% berada pada rentang > 81% sehingga masuk dalam katagori “Sangat Layak”. Hasil uji kelayakan faktor usability sebesar 79,90% berada pada rentang > 61% sehingga masuk dalam katagori “Layak”. Dengan demekian media pembelajaran atletik dengan aplikasi berbasis android studio and adobe animate layak digunakan sebagai media pembelajaran PJOK cabang olahraga atletik khususnya siswa SMP kelas VII.