Simatupang, Thesa Irene Sari (2021) Pengembangan Bahan Ajar Fisika dengan Model Guided Inquiry untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8186176001 COVER.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
2. NIM 8186176001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (561kB) | Preview
3. NIM 8186176001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
4. NIM 8186176001 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
5. NIM 8186176001 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
6. NIM 8186176001 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
7. NIM 8186176001 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
8. NIM 8186176001 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
9. NIM 8186176001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (567kB) | Preview
13. NIM 8186176001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM 8186176001 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah bahan ajar berbasis guided inquiry untuk melihat peningkatan aktivitas belajar siswa dan sekaligus meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Tempat dilaksanakannya penelitian yaitu di SMA Swasta Erlangga Pematangsiantar yang beralamat di Jalan Merdeka Kota Pematangsiantar pada siswa kelas XI. Jenis penelitian ini adalah Research & Development (R&D). Penelitian dimulai dari studi pendahuluan, analisis kebutuhan siswa, studi literatur, dan observasi lapangan, dilanjutkan dengan mendesain sebuah bahan ajar berbasis guided inquiry yang dinilai oleh validator ahli materi dan ahli desain dan juga oleh guru sekolah kemudian diuji cobakan pada siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahan ajar yang dikembangkan valid dan layak digunakan berdasarkan kategori penilaian sangat baik oleh validator dengan persentase skor 89,70% oleh tim ahli materi dan 93,22% oleh tim ahli desain. Bahan ajar juga praktis yang dapat dilihat dari hasil angket siswa yang menyatakan bahwa bahan ajar ini memenuhi kebutuhan siswa. Keefektifan bahan ajar dapat dilihat dari dampak bahan ajar ini yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dan aktivitas belajar siswa. Berdasarkan uraian tersebut maka bahan ajar yang dikembangkan berbasis guided inquiry telah valid, praktis dan efektif sehingga mampu meningkatkan keterampilan berpikir berpikir kritis siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.72 Sim p |
Keywords: | Penelitian R&D; guided inquiry; keterampilan berpikir kritis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 05 May 2021 04:38 |
Last Modified: | 05 May 2021 04:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42064 |