Hidayat, Wahyu (2021) Analisis Kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al-Fityan School Medan. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8186182006 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM. 8186182006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
3. NIM. 8186182006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
4. NIM. 8186182006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
5. NIM. 8186182006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
6. NIM. 8186182006 TABLES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 8186182006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 8186182006 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 8186182006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (526kB) | Preview
13. NIM. 8186182006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
14. NIM. 8186182006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui standar-standar kurikulum JSIT yang dilaksanakan di sekolah SDIT Al-Fityan School Medan, khususnya pada Standar Kompetensi Lulusan (SKL), standar pembinaan, dan standar kurikulum. Standar-standar pendidikan tersebut ialah standar unggulan yang digunakan di sekolah berbasis Islam Terpadu (IT) yang biasa disebut sekolah IT dengan wadah pusat dan wilayah pengurus JSIT (Jaringan Sekolah Islam Terpadu), semua sekolah yang berbasis IT sudah tentu berbasis Islam dan keislaman sehingga tercipta wadah JSIT setiap daerahnya untuk mengembangkan dan menambahkan karakter pendidikan Islam khususnya pada kurikulum JSIT. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian wawancara terpusat dan studi dokumen/teks, dimana wawancara terpusat itu ialah merupakan proses penelitian yang memperoleh informasi dengan cara tanya jawab secara tatap muka antara peneliti (sebagai pewawancara dengan atau tidak menggunakan pedoman wawancara) dengan subjek yang diteliti, dan studi dokumen/teks ialah analisis atau interpretasi bahan tertulis berdasarkan konteksnya. Data yang dianalisis adalah hasil wawancara, observasi, dan dokumen menggunakan bukti foto. Tahap analisis data yang dilakukan yaitu reduksi data, penyajian data, kesimpulan, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan standar-standar pendidikan khususnya pada standar kompetensi lulusan, standar pembinaan, dan standar kerjasama yang diadopsi oleh SDIT Al-Fityan School Medan. Pada standar kompetensi lulusan, SDIT Al-Fityan School Medan menegaskan bahwa peserta didik yang selesai dari sekolah tersebut harus bisa adzan, iqomah (bagi peserta didik laki-laki), shalat malam (Qiyamul Lail), shalat fardhu, shalat sunnah, dapat membedakan mana yang baik dan mana yang buruk, tidak takut dengan makhluk ghaib, target hafalan 10-15 Juz Al-Qur’an selesai dari sekolah SDIT Al-Fityan School Medan, pada standar pembinaan SDIT Al-Fityan School Medan menggunakan pembinaan yang bernama bina diri Islam dengan tujuan agar peserta didik tetap terbina dengan ukhuwah Islamiyah di sekolah maupun di rumah dan dimanapun mereka berada, dan pada standar kerjasama SDIT Al-Fityan School Medan bekerjasama dengan organisasi Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) untuk kurikulum Islam nya dan diadopsi serta dipadukan dengan kurikulum Nasional.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 375 Hid a |
Keywords: | Kurikulum; JSIT; Standar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 05 May 2021 04:21 |
Last Modified: | 05 May 2021 04:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42062 |