Ginting, Samson (2021) Efek Model Pembelajaran Scientific Inquiry Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Fisika SMA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8186122017 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
2. NIM 8186122017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (369kB) | Preview
3. NIM 8186122017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
4. NIM 8186122017 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
5. NIM 8186122017 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. NIM 8186122017 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
7. NIM 8186122017 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 8186122017 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM 8186122017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (415kB) | Preview
13. NIM 8186122017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM 8186122017 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) apakah ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis siswa yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran scientific inquiry dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, (2) apakah ada perbedaan yang siginifikan antara hasil belajar Fisika siswa yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran scientific inquiry dibandingan dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksprimen dengan two group pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Kerajaan. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling yaitu sebanyak dua kelas,yaitu kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksprimen yang dibelajarkan dengan model scientific inquiry yang terdiri dari 30 siswa dan kelas XI MIPA 3 yang terdiri dari 30 siswa sebagai kelas kontrol yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan tes kemampuan berpikir kritis (KBK) dan tes hasil belajar Fisika. Data yang dihasilkan dianalisis menggunakan program SPSS 16.0. Hasil Penelitian menunjukkan rata-rata nilai pretes dan postes KBK peserta didik yang dibelajarkan dengan model scientific inquiry sebesar 66 dan 77 sedangkan nilai rata-rata pretes dan postes KBK yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional sebesar 64 dan 69.Nilai rata-rata pretes dan postes hasil belajar Fisika peserta didik yang dibelajarkan dengan model scientific inquiry sebesar 49 dan 78 sementara nilai rata-rata pretes dan postes hasil belajar Fisika yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional sebesar 50 dan 63. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan signifikan antara kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar Fisika siswa yang dibelajarkan mengunakan model scientific inquiry dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.072 Gin e |
Keywords: | Hasil Belajar Fisika; Kemampuan Berpikir Kritis; Scientific Inquiry |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 05 May 2021 04:14 |
Last Modified: | 05 May 2021 04:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42061 |