Pratiwi, Nurul Indah (2021) Pengembangan Instrumen Asesmen Higher Order Thinking Skills (HOTS) Merujuk Kurikulum 2013 Pada Materi Termokimia Untuk Siswa SMA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8176141007 COVER.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
2. NIM. 8176141007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 8176141007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
4. NIM. 8176141007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
5. NIM. 8176141007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
6. NIM. 8176141007 TABLES.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
7. NIM. 8176141007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 8176141007 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
9. NIM. 8176141007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (414kB) | Preview
13. NIM. 8176141007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
14. NIM. 8176141007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (392kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil analisis kebutuhan instrumen
HOTS merujuk K-13 pada materi termokimia; kategori kelayakan instrumen
menurut ahli, hasil uji coba instrumen dengan menggunakan Rasch Model,
kemampuam berpikir tingkat tinggi siswa, dan persepsi siswa terhadap instrumen
yang dikembangkan. Instrumen HOTS merujuk K-13 pada materi termokimia
dikembangkan menggunakan model 4-D dengan tahapan define, design, develop,
dan disseminate. Selanjutnya diuji kelayakan instrumen oleh validator ahli dan
pengujian secara empiris kepada siswa. Untuk mengetahui kemampuan berpikir
tingkat tinggi dan persepsi siswa, instrumen diujicobakan kepada 38 orang siswa.
Diperoleh sebanyak 30 item instrumen HOTS merujuk K-13 pada materi
termokimia. Pada tahap define, diperoleh hasil analisis melalui wawancara
terhadap guru bidang studi kimia bahwa dibutuhkannya instrumen HOTS. Hasil
validasi oleh ahli menunjukkan bahwa instrumen HOTS merujuk K-13 terkategori
tinggi (0.90). Sedangkan hasil uji empiris menunjukkan bahwa vaiditas item tinggi (0.9), reliabilitas yang cukup (0.69), tingkat kesukaran sedang, daya pembeda sebesar 66.6%, dan pengecoh baik (63.3%). Profil kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa terkategori rendah, sedangkan persepsi siswa terhadap instrumen HOTS diperoleh sebesar 61.2% memberikan respon positif. Telah dihasilkan instrumen HOTS merujuk K-13 pada materi termokimia yang sesuai dengan kriteria kelayakan serta dapat digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 541.360 72 Pra p |
Keywords: | HOTS; kurikulum 2013; rasch model; model 4-D; termokimia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 05 May 2021 04:08 |
Last Modified: | 05 May 2021 04:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42060 |