Masytah., Dewi (2021) Analisis Permasalahan Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Biologi di Madrasah Aliyah Se-Kabupaten Batubara. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8176174008 COVER.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
2. NIM. 8176174008 Lembar Pengesahan + Persetujuan + Plagiat.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 8176174008 Abstrak B. Indonesia + B. Inggris.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
4. NIM. 8176174008 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
5. NIM. 8176174008 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. NIM. 8176174008 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
7. NIM. 8176174008 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
8. NIM. 8176174008 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
9. NIM. 8176174008 Bab I.pdf - Published Version
Download (334kB) | Preview
13. NIM. 8176174008 Bab V.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
14. NIM. 8176174008 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis permasalahan pembelajaran daring mata pelajaran biologi di madrasah aliyah Se-Kabupaten Batubara. Jenis penelitian ini berupa deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sampel dimbil pada 16 sekolah, sebanyak 16 guru biologi dan 160 siswa kelas XI secara purposive sampling. Menggunakan teknik pengumpulan data berupa instrumen lembar angket untuk mengukur RPP daring, aplikasi internet, media pembelajaran, materi pembelajaran biologi dan manajemen waktu oleh guru, serta permasalahan pembelajaran daring tanggapan oleh siswa. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil dalam penelitian ini adalah aspek ketersediaan RPP daring tergolong baik dengan rata-rata 0,77 atau 76,67%, penggunaan aplikasi internet tergolong kurang baik dengan rata-rata 0,55 atau 54,58, media pembelajaran tergolong baik dengan rata-rata 0,71 atau 70,97%, materi pembelajaran tergolong baik dengan rata-rata 0,73 atau 72,64%, manajemen waktu oleh guru tergolong baik dengan rata-rata 0,73 atau 73,19%, dan permasalahan pembelajaran daring tanggapan oleh siswa tergolong kategori kurang baik dengan rata-rata 0,50 atau 48,70%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 574.072 Mas a |
Keywords: | RPP Daring, Aplikasi internet; Media pembelajaran; Materi pembelajaran; Manajemen waktu; Guru; Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QH Natural history Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 05 May 2021 04:00 |
Last Modified: | 05 May 2021 04:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42059 |