Sinta, Tiara (2020) Analisis Kesulitan Mengajar Guru Dalam Menerapkan Metode Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SDN 101746 Klumpang. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1163311102_COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM. 1163311102_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
3. NIM. 1163311102_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
4. NIM. 1163311102_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
5. NIM. 1163311102_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
6. NIM. 1163311102_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 1163311102_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 1163311102_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM. 1163311102_BAB I.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
13. NIM. 1163311102_BAB V.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
14. NIM. 1163311102_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk “ (1) mendeskripsikan kesulitan mengajar
guru dalam menerapkan metode pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-
19 di SDN 101746 Klumpang. (2) mengetahui Faktor yang menghambat kesulitan
pandemi Covid-19 di SDN 101746 Klumpang. (3) Untuk mengetahui upaya yang
dilakukan untuk mengatasi kesulitan kegiatan belajar mengajar guru dalam
menerapkan pembelajaran daring.
Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif
kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu 6 guru kelas, 2 guru bidang
studi, dan kepala sekolah SDN 101746 Klumpang. Pelaksanaan penelitian ini
dilaksanaka di SDN 101746 Klumpang Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten
Deli Serdang. Sumatera Utara. Teknik pengumpulan data yaitu observasi,
wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data,
penyajian data, penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data yang digunakan yaitu
triangulasi teknik. Tahap penelitian yang dipersiapkan yaitu tahap persiapan,
tahap pelaksanaan, tahap penyelesaian.
Hasil penelitian di SDN 101746 Klumpang, ada 10 Kegiatan Belajar
mengajar (KBM) dalam menerapkan proses pembelajaran daring tetapi dengan hal
ini masih banyak guru yang tidak melaksanakannya dengan baik karena
mengalami kesulitan dalam menjalankan pembelajaran daring yaitu keterbatasan
gadget, kuota belajar, jaringan internet, kurangnya kesiapan dan persiapan guru
menghadapi pembelajaran daring, kurangnya Update internet, tidak stand by nya
waktu, kebinguan menyampaikan materi pembelajaran, kebinguan saat akan
menggunakan aplikasi untuk pembelajaran daring. Upaya yang dilakukan guru
dalam mengatasi permasalahan ini baik dari guru, sekolah, dan siswa. Guru harus
diberikan pelatihan, guru harus mampu membuat desain pembelajaran dalam
menyampaikan secara daring, dan mudah di akses, serta pihak dinas pendidikan
memberikan alternatif lain yaitu melakukan Homevisist dan Luring bagi siswa
yang tidak dapat menggunakan sarana dalam daring.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Daring; Covid-19; Gadget; Sekolah Dasar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 24 May 2021 01:13 |
Last Modified: | 24 May 2021 01:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42020 |